31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Harga Terus Merosot, Petani Cengkih: Zaman Presiden Gusdur Harga Jual Pro Petani

MANADOPOST.ID—Petani cengkih di Kepulauan Talaud mengeluhkan harga jual yang kian merosot. Pemerintah diminta mencari solusi.

Salah satunya Timotius Arunde, warga Kecamatan Gemeh. Kata dia, harga jual di tempat penjualan cengkih kian menurun. “Biasanya dibeli dengan harga Rp60 ribu per kilogram kini dibeli Rp57 ribu hingga Rp58 Ribu,” terangnya.

Dari tahun ke tahun, harga cengkih mengalami penurunan. Hingga terus merugi, ditambah dengan kebutuhan ekonomi yang terus naik. Pemangku kepentingan diharapkan bisa mencarikan solusi.

Noldi, warga lain mengatakan, harga jual di masa Presiden Gusdur benar-benar pro terhadap petani cengkih. “Kalau di waktu zaman Presiden Gusdur harga jual pro terhadap petani. Kami merindukan masa-masa itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kepulauan Talaud Ordik Rompah mengatakan, memang di masa pandemi Covid-19 semua sektor terkena dampak, terlebih khusus untuk petani kelapa dan cengkih.

“Khusus untuk dana APBD belum ada bantuan kepada para petani tahun ini. Karena semua anggaran digeser ke penanganan Covid-19,” terangnya.

Untuk bantuan sendiri, telah diusulkan program ke Kementerian Pertanian. Akan tetapi, itu akan dilaksanakan tahun depan.

Kadis menambahkan, bantuan dari APBD instansi terkait sangat mengusahakan tahun depan agar semua petani tersentuh. “Dan akan mencarikan solusi agar harga jual kopra dan cengkih naik,” tutupnya. (cw-02/jen)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.