24.6 C
Manado
Jumat, 18 Juni 2021
spot_img

7.600 Kondom dan Pil KB Disebar

MANADOPOST.ID–Untuk mencegah baby boom atau peningkatan angka kelahiran secara signifikan akibat kebijakan stay at home, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud menyebar 7600 Kondom dan pil KB kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kepulauan Talaud Meyke Maatuil mengatakan, saat ini bantuan kondom dan pil KB sudah disalurkan ke 19 Kecamatan yang ada di Talaud.

“Jadi setiap kecamatan itu dibagikan 200 kondom dan Pil KB yang berarti total keseluruhannya ada 7600 kondom dan pil KB yang disalurkan,” terang Kadis di ruang kerjanya, Rabu (27/5).

Baby boom diprediksi terjadi selang Desember 2020 hingga Januari tahun depan, karena jangka waktu kehamilan sembilan bulan sejak pandemik merebak.

“Hal ini juga sudah dilaporkan kepada Bupati Talaud yang merespon baik hal ini. Karena hamil di masa Pandemik Covid-19 tidaklah baik,” katanya.

Lebih lanjut, Maatuil menambahkan, walaupun sudah disalurkan 7600 kondom dan Pil KB, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kepulauan Talaud masih mempunyai stok cadangan untuk berjaga-jaga ketika nanti terjadi kekurangan.

“Untuk stok sendiri, bagi alat kontrasepsi jenis kondom ada 40 box, yang berarti ada 5760 pcs kondom, sedangkan untuk pil KB ada 4800 strip serta obat suntik KB 5000 vial atau botol. Jadi untuk stok sendiri masih termasuk aman. Dan diharapkan dari pembagian alat kontrasepsi ini dapat menekan angka kehamilan,” tandasnya. (cw-02/jen)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru