29 C
Manado
Sabtu, 26 September 2020

Pedagang Kena Gusur Ngadu ke Dewan

MANADOPOST.ID–Penggusuran beberapa pedagang di Pasar Beo menjadi perhatian  khusus DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud. Dimana DPRD memanggil hearing Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Diketahui, permasalahan ini sudah dilaporkan sejumlah warga Beo ke Kejari dan Kepolisian Talaud. Ketua Komisi II DPRD Talaud Gunawan Talenggoran mengatakan, rapat hearing dengan DPRD hanya mencari solusi sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Maka dari itu, DPRD menghadirkan langsung Kepala Disperindag Habel Salombe dan perwakilan masyarakat Beo sebagai pelapor. “Kami memanggil instansi terkait karena adanya laporan dari masyarakat soal penggusuran kios dagang dari lima kepala keluarga (KK) di Pasar Beo,” ujar Gunawan.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Talaud sudah menganggarkan pembangunan  48 kios tempat jualan pada tahun 2019. Namun, sesuai laporan masyarakat ada lima KK yang tak kebagian kios.

Di sisi lain ada pedagang yang mendapat dua kios. “Maka dari itu masalah ini menjadi perhatian kami. Karena sebabnya hearing digelar untuk mencari solusi terbaik sehingga tak ada pihak yang dirugikan dan semua berjalan sesuai aturan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Talaud, Habel Salombe menjelaskan, soal kebijakan pemberian kios kepada pedagang. Menurut dia, pedagang yang berjualan dari awal itu yang mendapat prioritas.

“Namun beberapa waktu lalu sempat terjadi kebakaran sehingga tidak semua mendapat kios. Bukannya kami tidak memberikan kesempatan kepada lima KK, tetapi karena keadaan,” ujarnya.

Lanjut Salombe, kedepan Ia berjanji untuk memperjuangkan pedagang atau KK yang belum terakomodir. Jika ada penambahan kios, pasti akan diprioritaskan buat yang belum, termasuk untuk lima KK.

“Dan untuk pasar baru yang berada di Melonguane, kiranya warga segera memanfaatkan pasar baru tersebut, penjual di pasar lama agar segera pindah ke pasar baru. Lapak dan tempat jualan sudah tersedia di pasar baru jadi kiranya segera dimanfaatkan,” tuturnya. (cw-02/ite).

-

Artikel Terbaru

Dandim Sinaga Sertijab Plh Danramil Sonder

MANADOPOST.ID--Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa kembali menggelar rolling jabatan sejumlah personilnya.

Gereja Mungil Iyok

BULAN setengah bulat mengiringi saya dan teman-teman. Menyusuri jalan pantai. Dari pertigaan Nuangan Selatan, masuk ke Desa Iyok. Melintas jalan tanah. Agak berbatu dan bekas becek. Untung malam ini tidak hujan. Sehingga mobil yg kami tumpangi mulus hingga ujung Pantai.

Sebut Kadernya Patuh, OD Beri Contoh Sosok AA

MANADOPOST.ID—Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara Olly Dondokambey memastikan kader partai dan figur yang diutus di pilkada serentak 2020 adalah mereka yang patuh dan bisa bersinergi.

Pendaftaran Seleksi Terbuka Sekkab Diperpanjang

MANADOPOST.ID—Pasca pemeriksaan berkas administrasi yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel), Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepulauan Sangihe pada akhirnya menyisahkan dua nama, yakni Melancthon Harry Wolff dan Jopy Thungari.

Nomor Lima di Indonesia, 30.656 Warga Sulut Pengguna Narkoba

MANADOPOST.ID—Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba di bumi Nyiur Melambai.