28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Italia vs Belgia

Azzurri Unggul Semua, Red Devils tak Gentar

MANADOPOST.ID – EURO 2020 kembali hadirkan pertandingan besar sarat gengsi saat Belgia jumpa Italia pada perempat final yang berlangsung di Allianz Arena, Munchen, Sabtu (03/07) di hari WIB. Kedua tim memiliki komposisi pemain yang sama baiknya di tiap posisi sehingga harus bekerja keras untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Italia di bawah asuhan Roberto Mancini sedang dalam perjalanan menjuarai EURO 2020, tetapi harus menemui rintangan terjal pada Sabtu dini hari nanti.

Gli Azzurri memilki rekor yang lebih baik saat jumpa Belgia, di mana mereka memenangi 14 pertandingan dari 23 laga yang dimainkan kedua tim. Red Devils hanya sanggup meraih lima kemenangan diantaranya. Pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada ajang EURO 2016, yang dimenangkan Italia 2-0.

Belgia secara mengejutkan tampil buruk pada saat itu, dan hal tersebut tak boleh terulang di laga nanti. Italia sendiri tak pernah kalah dari Belgia di turnamen besar dengan meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang baik di turnamen EURO atau pun Piala Dunia.

Dengan kemenangan 2-1 atas Austria di 16 besar, skuad asuhan Roberto Mancini memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 31 pertandingan. Lengkap sudah catatan positif Ciro Immobile dan kolega jelang melawan Belgia.

Di pihak lawan, Roberto Martinez adalah pelatih tersukses Belgia di turnamen besar dengan koleksi sepuluh kemenangan bersama Red Devils di Piala Dunia dan EURO.

Belgia sedang membawa rekor dua belas laga tak terkalahkan, dan telah mencetak 30 gol di dalamnya. Striker Belgia Romelu Lukaku menjadi ancaman nyata buat Italia. Pemain Inter Milan itu merupakan top scorer sepanjang masa buat negaranya. Ia tak mencetak gol di laga terakhirnya saat jumpa Portugal, jadi Lukaku bakal lebih termotivasi menjebol gawang Italia untuk menambah rekening golnya dengan Belgia.

Jelang menghadapi Belgia, Italia mendapat kabar bagus dengan kembalinya bek andalan sekaligus kapten Giorgio Chiellini dari cedera yang ia dapat di laga kontra Swiss.

Chiellini sudah kembali mengikuti sesi latihan bersama squadra Gli Azzurri sejak Rabu (30/6/2021), dan diprediksi bakal bisa dimainkan melawan Belgia.

Kehadiran Chiellini jelas bakal menambah kuat lini pertahanan Italia. Duetnya bersama sang rekan di Juventus, Leonardo Bonucci bisa membendung agresivitas Romelu Lukaku.

Di saat Italia mendapat kabar bagus dengan kembalinya Chiellini, Belgia justru tengah dibuat ketar-ketir dengan kondisi kebugaran dua pilar mereka, Kevin De Bruyne dan Eden Hazard.

De Bruyne dan Hazard sama-sama mengalami cedera saat Belgia mengalahkan Portugal di 16 besar. Pelatih Roberto Martinez pun sudah mengonfirmasi bahwa kemungkinan keduanya bermain lawan Italia cukup kecil.

Hilangnya De Bruyne dan Hazard tentu menjadi pukulan telak bagi Belgia yang sangat mengandalkan mereka untuk mengkreasi serangan ke pertahanan lawan. (jpnn/bln)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru