alexametrics
25.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

Ditentang Keras Pecinta Bola, Akhirnya Liga 1 Tetap Ada Degradasi

MANADOPOST.ID–Wacana penghapusan degradasi Liga 1 2021 mendapatkan tentangan keras dari pencinta bola Indonesia. PSSI mengklaim bahwa usulan tidak adanya degradasi berasal dari klub-klub di Liga Indonesia.

Walau begitu, PSSI tidak pernah secara terbuka mengumumkan tim mana saja yang menginginkan penghapusan degradasi. PSSI sendiri lantas kembali mengumumkan bahwa keputusan ada atau tidaknya degradasi akan digedok pada konggres tahunan yang berlangsung 29 Mei mendatang.

Namun, PSSI akhirnya secara resmi memutuskan untuk tetap memakai skema degradasi pada hari ini, 26 Mei 2021. Menurut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, kebijakan ini diambil setelah dia berdiskusi ketat dengan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Diskusi tersebut berlangsung dalam rapat Emergency Exco Meeting pada Selasa, 25 Mei kemarin. Selain itu, PSSI telah berkonsultasi dengan FIFA dan AFC.

“Dalam diskusi dengan semua Exco PSSI, akhirnya kami (PSSI) memutuskan Liga 1 dan 2 musim kompetisi 2021-2022 tetap ada promosi dan degradasi,” ujar Iriawan dikutip dari situs resmi PSSI.

Menurut PSSI, ada beberapa klub Liga 1 dan 2 meminta musim 2021-2022 tidak ada degradasi. Beberapa klub itu memandang pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasannya. Permintaan ini kemudian dibahas dalam Meeting Exco PSSI pada Senin (3/5).

Setelah keputusan ini, Ketum PSSI memerintahkan kepada Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi untuk mengirimkan surat pemberitahuan tersebut kepada semua klub di Liga 1 dan Liga 2.

“Sekjen telah saya perintahkan untuk membalas surat-surat permohonan dari klub-klub Liga 1 dan 2 yang berisi permohonan kompetisi tanpa degradasi, dengan isi surat menjelaskan hasil diskusi ketat Exco PSSI dan konsultasi dengan FIFA / AFC. Keputusan PSSI ini sudah final,” kata Iwan Bule.(jawapos)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru