28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Dramatis, Gol Telat Artem Dovbyk Bantu Ukraina Tumbangkan Swedia

MANADOPOST.ID – Ukraina melenggang ke perempat final Euro 2020 setelah menyingkirkan Swedia di babak 16 besar. Pada laga di Hampden Park (Glasgow), Rabu (30/6/2021) dini hari WIB, Ukraina menang tipis 2-1. Pertandingan ini berjalan ketat dan diwarnai kartu merah. Ukraina memastikan kemenangan lewat gol jelang babak extra time berakhir.

Ukraina unggul lebih dulu pada menit ke-28, ketika umpan lob Andriy Yarmolenko disambut Oleksandr Zinchenko dengan sepakan keras ke tiang kanan gawang Robin Olsen. Ukraina memimpin 1-0 atas Swedia.

Namun dua menit sebelum turun minum, Swedia berhasil menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan Alexander Isak, Emil Forsberg sukses menaklukkan kiper Ukraina, Georgi Bushchan.

Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Swedia bermain lebih agresif dengan menciptakan lebih banyak peluang. Namun hingga 90 menit waktu normal berakhir tidak ada gol tambahan.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak extra time. Di babak perpanjangan waktu ini, tepatnya menit ke-98, Swedia harus bermain dengan 10 orang setelah Marcus Danielson melakukan pelanggaran keras dan diganjar kartu merah oleh wasit Daniele Orsato.

Unggul jumlah pemain membuat para pemain Ukraina lebih leluasa menekan pertahanan lawan. Anak asuh Andriy Shevchenko itu akhirnya meraih gol kemenangan pada masa injury babak kedua extra time atau menit ke-121.

Umpan silang Oleksandr Zinchenko berhasil disundul Artem Dovbyk dan kiper Swedia tak kuasa mencegah bola masuk ke gawangnya. Ukraina unggul 2-1 dan skor ini bertahan hingga laga usai. Dengan demikian, Ukraina yang melaju ke perempat final dan akan menghadapi Inggris. (pojok)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru