26.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Ekspektasi Tinggi, Ini Daftar Pemain Bintang yang Gaga Bersinar Hingga 16 Besar Euro 2021

MANADOPOST.ID—Sejumlah pemain jadi sorotan karena tampil tak sesuai ekspektasi di babak 16 besar Euro 2020.

Para pemain ini tampil tak optimal untuk membantu tim meraih hasil bagus. Bahkan, dari deretan pemain ini ada yang melakukan blunder fatal dan membuat timnya gagal melangkah lebih jauh di Euro 2020. 

Kylian Mbappe jadi satu nama yang paling disorot karena kegagalannya mengeksekusi penalti saat bersua Swiss. Penyerang Prancis itu juga tak mampu mencetak satu gol pun di Euro 2020.

1. Thomas Muller (Jerman)

Muller sebenarnya diharapkan bisa memberikan perbedaan di laga melawan Inggris. Namun, ekspektasi itu tidak mampu dijawab Muller dengan baik.

Muller kesulitan bertarung dengan bek-bek Inggris yang bermain agresif. Selama berada di lapangan, Muller hanya melepaskan dua tembakan yang tidak tepat sasaran.

Satu peluang terbaik sebenarnya dimiliki Muller untuk menyamakan kedudukan di babak kedua. Namun, tembakan Muller yang dalam posisi tidak terkawal malah jauh dari sasaran.

2. Gareth Bale (Wales)

Bale menjadi pemain lainnya yang juga tampil buruk di babak 16 besar. Pemain yang musim lalu dipinjamkan ke Tottenham Hotspur itu gagal mengulangi performa apik di fase grup.

Bale sempat leluasa mengkreasi serangan saat Denmark bermain dengan formasi tiga bek. Namun, situasi berubah begitu Denmark berubah formasi dengan memakai empat pemain belakang.

Bale lantas mendapatkan penjagaan ketat dari bek sayap kiri Denmark, Joakim Maehle. Perubahan taktik ini membuat Bale mati kutu.

3. Matthijs de Ligt (Belanda)

De Ligt pantas disebut sebagai penyebab utama Belanda saat disingkirkan Ceko. Pemain Juventus itu membuat kesalahan fatal yang berujung kartu merah sehingga Belanda harus bermain dengan 10 pemain di babak kedua.

De Ligt melakukan blunder saat berduel dengan penyerang Ceko, Patrik Schick. De Ligt menghalau bola dengan tangan saat Schick dalam posisi unggul mengejar bola.

Wasit yang melihat VAR memberikan kartu merah untuk de Ligt karena menghalangi Schick untuk mencetak gol. Bermain dengan 10 orang, Belanda kemudian tak kuasa membendung Ceko yang berhasil mencetak dua gol melalui Tomas Holes dan Schick.

4. Unai Simon (Spanyol)

Kiper Athletic Bilbao ini membuat kesalahan fatal yang bisa saja membuat Spanyol masuk kotak di Euro 2020 saat melawan Kroasia. Simon melakukan kesalahan elementer karena tak tepat menahan bola umpan jauh dari Pedri.

Unai Simon gagal menahan laju bola yang dikirimkan Pedri dari jarak 44,8 meter. Bola yang meluncur deras kemudian masuk ke gawang Spanyol.

Beruntung buat Unai Simon, rekan-rekan setimnya tampil pantang menyerah untuk menyamakan kedudukan hingga akhirnya menang 5-3 atas Kroasia lewat babak perpanjangan waktu.

5. Romelu Lukaku (Belgia)

Belgia berhasil lolos ke perempat final Euro 2020 usai mengalahkan Portugal. Namun, di laga tersebut, Lukaku yang diandalkan sebagai targetman tak banyak memberikan kontribusi.

Lukaku tak berkutik saat dikawal bergantian oleh Ruben Dias dan Pepe. Bahkan, dalam beberapa momen penyerang Inter Milan itu kalah cerdik saat berduel dengan Pepe.

Statistik Lukaku di laga melawan Portugal juga tak istimewa. Ia hanya melepaskan dua tembakan dan keduanya tidak mengancam gawang Rui Patricio.

6. Bruno Fernandes (Portugal)

Euro 2020 jadi ajang yang patut secepatnya dilupakan oleh Bruno Fernandes. Bintang Manchester United itu tidak mampu jadi pemain yang memberikan perbedaan di lini tengah Portugal.

Fernandes juga tak memberikan banyak kontribusi saat masuk di babak kedua ketika bersua Belgia. Fernandes yang tampil luar biasa bersama Man Utd tidak terlihat perannya di laga itu.

Padahal, Portugal butuh gol untuk menyamakan kedudukan melawan Belgia. Bahkan mengacu data Squawka, Fernandes tiga kali dilewati oleh pemain Belgia, sekaligus jadi yang terbanyak dilewati lawan meski baru masuk pada menit ke-55.

7. Kylian Mbappe (Prancis)

Kisah Mbappe di Euro 2020 agaknya jadi cerita kegagalan pemain bintang terbesar. Mbappe yang digadang-gadang bakal bersaing dalam perburuan top skor justru mandul hingga Prancis disingkirkan oleh Swiss di babak 16 besar.

Mbappe tampil sesuai dengan karakteristiknya. Ia bermain mengandalkan kecepatan dan cukup merepotkan pertahanan Swiss.

Hanya saja, kontribusi Mbappe dalam hal mencetak gol terbilang buruk. Ia melepaskan enam tembakan dan lima di antaranya justru tidak tepat sasaran.

Derita Mbappe semakin lengkap karena ia jadi satu-satunya eksekutor penalti Prancis yang gagal. Les Bleus pun harus pulang lebih cepat dari Euro 2020 (cnnindonesia)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru