32.4 C
Manado
Kamis, 30 Juni 2022

Opini

TRANSFORMASI BELANJA PEMERINTAH DALAM MENDUKUNG CASHLESS SOCIETY (DIGIPAY-MARKET PLACE)

Modernisasi pengelolaan kas negara pada era industri 4.0 ini menjadi suatu keharusan, dimana baik belanja maupun penerimaan negara dituntut untuk dapat beradaptasi dengan dengan teknologi guna memperoleh nilai tambah yang lebih besar dibandingkan dengan mempertahankan pola konvensional yang pastinya akan tergerus oleh jaman.

Mengudar Nasionalisme yang Terbelenggu

BANGKIT sebagai sebuah bangsa tidak terjadi sekali. Proses membangsa merujuk sebuah perjalanan tak lekang dari linieritas waktu dan kemudian membentuk sejarah. Pastinya, kebangkitan mengasumsikan pelampauan kondisi asal. Kondisi asal tersebut umumnya menggambarkan mediokritas. Demikian, ketika bangsa Indonesia merayakan kebangkitannya, itu seharusnya merujuk pada lompatan melampaui jebakan kondisi rata-rata.

Flash Back Eksistensi Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Awal Pandemi Covid-19

Dimulai dari Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Darurat Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) hingga Keppres Keputusan Presiden RI Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional, yang hingga saat ini kedua produk hukum tersebut masih belum dilakukan pencabutan oleh Presiden.

Restorative Justice

Restorative justice (keadilan berbasis pemulihan) mulai akrab dengan praktik yuridis di Indonesia. Praktik ini semakin menggema setelah Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin, menetapkan Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif.

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

“Kurikulum Merdeka Belajar” adalah model kurikulum yang saat ini sedang di-sosialiasi-kan dan di-animasi-kan oleh pemerintah ke seluruh satuan pendidikan yang ada di Indonesia, mulai dari SD, SMP, SMP, bahkan sampai ke Perguruan Tinggi (PT).

Adieu, Professeur!

Konsep kematian, keabadian, dan makna kehidupan berfaedah bagi manusia untuk memaknai hidupnya. Sedangkan, pengalaman kematian adalah bagi mereka yang sedang menuju kekekalan.

Saatnya Membela yang `Diam`

MAHKAMAH Agung (MA) menunjukkan tengara keberpihakan pada arus sempit restorasi korban kekerasan seksual. Institusi ini telah menolak permohonan uji materi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Angin sepoi menyejukkan pihak pro. Sedang kegersangan mulai melanda pihak yang abai.

Kerentanan Berakhir Korban

Dalam skop yuridis, definisi kelompok rentan masih merentang. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia menginterpretasi kondisi ini dengan membilang “orang lanjut usia, anak-anak, fakir miskin, wanita hamil, dan penyandang cacat”.

Latest news

/