29C
Manado
Minggu, 7 Maret 2021

Vaksin Covid-19, Harapan Positif Masyarakat Indonesia

Oleh
Vanessa Abigael
Mahasiswa London School of Public Relations

KASUS COVID-19 di Indonesia telah melonjak beberapa bulan terakhir ini dengan jumlah kasus positif mencapai lebih dari 820.000 kasus dan jumlah pasien yang sembuh 612.000 angka kematian juga mencapai 22.138.

Meskipun telah di tetapkan PSBB (Pembatas sosial berskala besar) di beberapa kota-kota besar tetapi angka kasus COVID-19 ini terus meningkat. Harapan pun muncul di tengah pandemi ini dengan adanya pemberitaan bahwa vaksin COVID-19 yang telah datang di Indonesia pada hari Minggu (6/12/2020).

Vaksin ini buatan dari perusahaan farmasi China yang akan menjadi vaksin COVID-19 pertama yang tersedia di Indonesia. ​Pada tanggal 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menjadi penerima vaksinasi COVID-19 pertama di Indonesia. Proses vaksinasi COVID-19 dari orang nomor satu di Indonesia ini disiarkan secara langsung di YouTube dengan tujuan untuk mendorong masyarakat agar juga bersedia menerima vaksinasi virus corona.

Vaksin yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/12758/2020 ini telah di gunakan perdana pada tanggal (13/1/2021) vaksinasi yang akan di gunakan di indonesia adalah vaksin Sinovac dan ada 7 jenis vaksin COVID-19 lainnya yang akan digunakan juga di indonesia yaitu vaksin yang diproduksi oleh PT Bio farma, Oxford-AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Novavax, Pfizer-BioNTech dan Sinovac.

Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa orang pertama yang akan menerima vaksin COVID-19 adalah ia sendiri demi meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia tentang keamanan vaksin COVID-19 dan tetap tenang saat divaksin.

“Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi pwnwrima pertama divaksin, pertama kali,” kata Jokowi dalam keterangan pers dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Ia juga mengajak masyarakat indonesia agar tetap terus disiplin menjalankan protokol dan selalu menjaga kesehatan yakni selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan bersama. (*)

Artikel Terbaru