31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

SAMBUT & TOPANGLAH PARA PEJUANG DEMOKRASI

MANADOPOST.ID–Senin 29 Juni 2020, 261 petugas Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan di kota Manado melangkah dengan pasti menuju tempat tinggal 29.287 pendukung Bakal Pasangan Calon Walikota dr.Frangky Kambey dan dr.Daud Kirojan yang dinyatakan Memenuhi Syarat saat Verifikasi Administrasi oleh KPU Kota Manado.

Sekitar 38 jam non stop, KPU melakukan penelitian terhadap syarat dukungan dan dilanjutkan dengan Verifikasi Administrasi sehingga  dari 33.147 dukungan, yang Tidak Memenuhi Syarat sejumlah 3.860 dukungan sehingga yang Memenuhi Syarat dilanjutkan dengan Verifikasi Faktual. Para petugas Verfak tidak lain Panitia Pemungutan Suara yang dinyatakan sehat, yang reaktif saat dirapid tanggal 26 Juni 2020 oleh semua puskesmas yang ada di kota Manado,dilarang bertugas dan digantikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan yang tidak reaktif saat dirapid.

Mereka adalah pejuang demokrasi yang sedia menunaikan tugas mulia dengan segala risiko di masa pandemi ini. Karena itu dengan Bimtek Virtual dalam dua kesempatan dan Bimtek langsung tatap muka dalam 13 gelombang untuk PPS (12-14 orang tiap gelombang) dan 6 gelombang  untuk PPK (5-10 orang tiap gelombang), Komisioner KPU Manado berupaya membekali dengan prinsip dan teknis Verifikasi sesuai Peraturan KPU 1 tahun 2020 dan Keputusan KPU RI No.82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020, tetapi juga menegaskan protokol kesehatan di masa pandemi sesuai Surat Edaran No.20 tahun 2020.

Tanggal 15 Juni 2020 menjadi momen krusial. KPU melalui  Surat Keputusan No.258/PL.02-Kpt/01/KPU/VI/2020 telah melanjutkan kembali tahapan Pemilihan, yang mana oleh KPU Manado ditindaklanjuti dengan Keputusan No.61/PL.02.2-Kpt/7171/Kpu-Kota/VI/2020. Konsekwensinya empat tahapan yang ditunda melalui SK KPU No.179/PL.02-Kpt/01/Kpu/III/2020 dilanjutkan lagi, yaitu :

a.Pelantikan dan Masa Kerja Panitia Pemungutan Suara

b.Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

c.Pembentukan dan Masa Kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih

d.Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih

Sejak tahapan dilanjutkan kembali, KPU Manado begerak cepat dengan melantik PPS dan mengaktifkan kembali  PPK tepat tanggal 15 Juni 2020. Seiring dengan itu Tenaga Pendukung (THL) yang sempat dirumahkan, juga diaktifkan lagi. PPS dilantik secara Virtual, hal mana pertama dilakukan dalam sejarah penyelenggaraan Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah. Terkesan dan haru menyaksikan anggota PPS  di tempat mereka masing-masing berseragam putih hitam dengan sikap sempurna menyanyikan Indonesia Raya.

Semakin hikmat prosesi pelantikan, manakala didampingi hamba Tuhan dengan kitab Sucinya, para pejuang demokrasi berjanji-bersumpah untuk melaksanakan tugas dengan penuh integritas. Jelang pelantikan KPU telah menerbitkan Surat Dinas 451 yang mewajibkan semua penyelenggara untuk menjalankan tugas dengan integritas, PPS pun wajib menandatangani Pakta Integritas.

Setelah Bimtek dengan mematuhi protokol kesehatan, dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan telah diserahkan ke PPK tanggal 28 Juni 2020 dan pada tanggal 29 Juni 2020 sebelas kecamatan telah mendistribusikan ke-87 kelurahan di kota Manado dan bersyukur Verifikasi Faktual hari pertama telah dilakukan dengan baik oleh petugas Verifikasi Faktual.

Dalam pelaksanaan Verfak, petugas kami kiranya didukung oleh rekan-rekan pengawas Pemilu, LO Paslon dan pendukung untuk juga menerapkan protokol kesehatan. Sekali lagi bukan hanya berorientasi pada konfirmasi dukungan, namun prosedur kesehatan harus benar-benar ditaati.

Selama empat belas hari Verfak akan dilaksanakan dalam tiga kesempatan/metode. Pertama dengan metode Sensus, petugas akan mendatangi rumah dari setiap pendukung. Jika tidak ditemui akan dikoordinasikan dengan LO untuk dikumpulkan di satu tempat dalam kelurahan itu, agar di Verfak di lokasi tersebut dan untuk ini maksimal lima orang dalam satu kesempatan.

Jika juga belum berkesempatan, maka pendukung dapat datang ke kantor PPS dengan membawa dokumen KTP/Suket selambatnya 12 Juli 2020, hari terakhir untuk Verfak. Bagi yang sakit ataupun bertugas di luar daerah, dapat menggunakan Teknologi Informasi untuk konfirmasi dukungannya. Dengan Video Call diberikan kesempatan bagi mereka untuk memastikan dukungannya.

Kelengkapan Alat Pelindung Diri telah disalurkan oleh KPU Manado seiring dengan penyerahan dokumen untuk diVerfak. Masker, sarung tangan sekali pakai, pelindung wajah, thermogun, tissue basah/kering, cairan desinfektan dan lain-lain. Berharap para pejuang demokrasi tak lalai ataupun lengah menggunakan APD.

Aspirasi untuk menggunakan baju Hasmat dan cepatu boat tidak ditindaklanjuti karena tidak sesuai regulasi dan juga demi meredam penilaian masyarakat seolah-olah yang datang adalah TIM Medis , yang dapat berdampak pada penolakan petugas Verfak. Membawa dokumen dalam map plastik, kaos beridentitas, topi dan ban lengan kiranya mempertegas jatidiri sebagai penyelenggara pemilihan yang akan melaksanakan Verfak.

Penyelenggara Pemilihan Ad-Hoc yakni PPK dan PPS adalah figur-figur terpilih yang telah melewati seleksi, tanggapan masyarakat dan bimbingan teknis. Meskipun demikian mereka memiliki keterbatasan, yang membutuhkan dukungan semua pihak. Dipahami jika ada rumah yang di depannya telah dipajang spanduk bertuliskan : Tidak Melayani Tamu.

Mungkin ada yang menolak dijumpai petugas Verfak karena situasi bencana non alam yang masih mengancam. Sekali lagi para pejuang demokrasi akan mengedepankan Protokol kesehatan dan mereka telah dirapid sebelum Verfak dimulai. Bahkan jika suhu tubuh mereka minimal 38 derajat maka mereka dilarang bertugas.

Sobat-sobat petugas Verfak telah memulai tugas mulia dengan ikhtiar mulia, besar harapan kita dapat dituntaskan dengan mulia. Jerih payah kita akan berujung baik dan membanggakan, bilamana kita menuntaskan tanggungjawab ini dengan penuh integritas. Undang Undang 10 tahun 2016 pasal 185 A dan pasal 185B mengingatkan sanksi pidana dan denda bilamana ada kelalaian melakukan Verfak apalagi memalsukan dokumen dukungan. Bahkan ancamannya sepertiga lebih besar untuk para penyelenggara. 36 jt, 48 jt, 72 jt dan 96 jt adalah ancaman denda dan 36 bulan, 48 bulan, 72 bulan dan 96 bulan adalah kurungan badan.

Dukungan penuh KPU Kota Manado bagi petugas Verfak, PPK dan PPS untuk berani, percaya diri, trampil dan jujur untuk menjawab tantangan tahapan ini. Kita telah memulainya, mari berproses, pantang mundur dan menyelesaikannya dengan bangga. Topangan yang sama juga sangat diharapkan dari semua pihak termasuk masyarakat terutama para pendukung yang akan diverfak.

Ladang pekerjaan terhampar di depan mata. Dalam tuntunan Tuhan, kita berjerih lelah demi tegaknya demokrasi di negeri tercinta. Di bawah zamrut katulistiwa, pejuang-pejuang demokrasi  merintis suksesnya tahapan pemilihan. Di daerah Nyiur Melambai, para pejuang demokrasi berusaha terdepan dalam hasrat memberikan yang terbaik bagi Manado pada khususnya dan Sulawesi Utara pada umumnya. Para pemberi dukungan, semua pemangku kepentingan bahkan masyarakat Kota Manado sambutlah dan topanglah para pejuang demokrasi. Semoga.(*)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.