33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Menilik Daya Tahan Mobil Wuling: Teruji di Medan Berat, Manuvernya Lebih Baik dari Kompetitor

MANADOPOST.ID— Wuling Motors, hampir empat tahun meramaikan pasar mobil di Sulawesi Utara (Sulut). Kehadirannya, terbukti menjadi ancaman serius bagi produsen-produsen mobil lain.

Sejak awal kemunculan sampai saat ini, Wuling Motors sering mendapat cibiran lantaran stigma produk China. Keraguan konsumen umumnya terkait daya tahan. Namun keraguan itu terpatahkan ketika kita mencoba sendiri produk-produk Wuling.

Manado Post sendiri sudah beberapa kali menjajal mobil Wuling, seperti Confero S dan bahkan yang terbaru, New Confero S dan Almaz RS. Confero S misalnya. Dengan suspensi depan tipe McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension, belakang Coil Spring, Semi Independent Suspension, membuat kemampuan manuvernya lebih baik ketimbang kompetitor. Bodinya yang panjang dengan atap tinggi juga tak menjadi masalah saat menikung di kecepatan tinggi. Body roll-nya sangat minim.

Mengendarai mobil Wuling, apalagi di musim penghujan seperti sekarang, kita tak perlu khawatir terjebak genangan air. Sudah kami buktikan, dengan ketinggian jarak 205 mm dari tanah dan posisi air intake pada mesinnya yang cukup tinggi, bisa menerabas genangan air dengan ketinggian betis orang dewasa.
Salah satu karyawan kami juga memantapkan hatinya ke mobil Wuling sebagai tunggangan sehari-hari. Mobilnya yang berusia satu tahun lebih telah menempuh jarak 100-an ribu kilometer. Dia mengaku tak pernah terkendala mesin meski setiap hari berada di jalan.

Selain itu, mobil-mobil Wuling sudah teruji mengarungi ‘medan berat’. Wuling Club Indonesia (WLCI) Sulawesi Utara membuktikan hal itu saat melakukan touring ke area Sulawesi pada akhir tahun lalu. Dalam touring bertajuk ‘Tour De Sulawesi’ 4.000 km bareng Wuling, puluhan mobil Wuling menjajal rute Sulut-Gorontalo-Sulteng-Sulbar dan berakhir di Sulsel. Saat itu, Rady, Ketua Umum WLCI Sulut menuturkan, dia dan anggotanya mengakui ketangguhan mobil Wuling. Beberapa kali merasakan jalan berlubang tak membuat mobil kehilangan kendali. Ia tetap nikmat untuk dikendarai sampai kembali ke tujuan asal.

Bagaimana dengan kabinnya? Daya tahan mobil-mobil Wuling juga sudah teruji dalam hal kekedapan ruang interior. Tidak banyak suara luar yang bisa mengganggu kita selama perjalanan.

Salah satu hal penting yang wajib diketahui juga, ketika membeli produknya, Wuling memberi memberi garansi umum kendaran selama 3 tahun atau 100.000 km. Kemudian garansi 5 tahun atau 100.000 km untuk komponen utama mesin. Ada juga garansi 5 tahun atau 100.000 km untuk komponen utama transmisi. Kalau ada komponen lain yang bermasalah gimana? Ternyata Wuling juga sudah menyiapkan garansi semua suku cadang, di luar mesin dan transmisi, selama 1 tahun atau 20.000 km. Nah jika melakukan servis berkala selama 2,5 tahun atau sampai 50.000 km, kita akan dapat gratis biaya perawatan.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru