29.9 C
Manado
Jumat, 7 Mei 2021
spot_img

Menilik Kecanggihan Fitur IoV Wuling Almaz RS, Bisa Kendalikan Mobil dengan Sentuhan Jari

MANADOPOST.ID— Sejak pertama kali mengaspal di Sulawesi Utara (Sulut) melalui dealer Wuling Kumala, Almaz RS berhasil merebut hati masyarakat bumi Nyiur Melambai.

Fitur-fitur canggihnya membuat konsumen terpikat, bahkan terkagum-kagum. Salah satunya fitur Internet of Vehicle (IoV). Sebelum membahas IoV dari Wuling, belum hilang dari ingatan saat mereka mengenalkan teknologi perintah suara berbasis kecerdasan buatan yakni Wuling Indonesian Command (WIND) pada kendaraan Almaz.

Melalui WIND, pengguna bisa mengatur fungsi mobil menggunakan perintah suara, misalnya menghidupkan audio, membuka aplikasi, mengatur AC, membuka jendela, dan lain sebagainya.

Kini, melalui Almaz RS, Wuling mengenalkan teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) sebagai pembaruan teknologi setelah WIND. WISE dipisah dalam dua fitur, yakni IoV dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Seberapa canggih sih IoV ini? Dengan fitur ini, pengguna bisa mengendalikan mobil dengan sentuhan jari di smartphone. Ketika membeli Almaz RS, pengguna akan mendaftarkan smartphone yang akan dijadikan data sentral IoV. Hanya smartphone terdaftar saja yang nantinya bisa mengakses mobil. Tapi, jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’. Pastikan juga orang yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi.

Jefta M, salah satu pengguna Almaz RS menuturkan, ada beberapa fungsi utama pada IoV yang sangat membantu dirinya. Pertama, vehicle positioning. “Kalau di mall kan parkirannya besar. Kadang suka bingung pas balik, mobil parkir di mana. Jadi terbantu dengan fitur ini,” ujarnya.

Dengan IoV juga, lewat fitur Vehicle Remote Control, pengguna bisa men-starter Almaz RS-nya dari jarak yang sangat jauh. Saat mesin menyala, AC dalam kabin pun juga akan menyala guna mendinginkannya dengan kondisi jendela dan pintu tetap terkunci.
Fitur kemanan mobil juga semakin canggih berkat fitur Geo Fencing Security.

Ketika Wuling Almaz RS melewati area Geo-Fencing Security yang telah ditetapkan oleh pengguna, sistem akan mengirimkan informasi kepada pemiliknya. Hal ini sangat berguna untuk mengamankan kembali mobil yang tercuri atau mengetahui apakah mobil masih di dalam area yang diizinkan pengguna saat dipinjamkan.
“Yang keren juga, bisa putar musik dan balas pesan. Intinya semua jadi lebih mudah karena bisa dikendalikan lewat sentuhan jari di handphone,” tandas dia.

Senada juga disampaikan pengguna Almaz RS lainnya, Arby. “Dengan harga terjangkau, saya dapat mobil pintas dengan fitur-fitur seperti IoV dan ADAS, yang tidak ada di mobil lain,” singkatnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru