30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

BK DPRD Proses Kasus JAK

MANADOPOST.ID—Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulut segera menindaklanjuti laporan terkait video viral yang melibatkan Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian (JAK). Informasi yang dihimpun, sudah ada laporan yang masuk ke meja BK. Dan kabarnya hari ini akan dilakukan pemanggilan.

Di sisi lain, sebelumnya Ketua BK Sandra Rondonuwu pada wartawan menjelaskan terkait dengan video yang sudah beredar, menyebut nama salah satu oknum pimpinan DPRD Sulut, BK sudah memanggil pimpinan dan anggota BK melakukan koordinasi.

“Kami sedang mengkaji dan mendalami. Sesuai tata tertib DPRD nomor 2 tahun 2019, BK akan menindaklanjuti jika terjadi pengaduan dari masyarakat. Bisa diajukan ke DPRD. Dari pimpinan diserahkan ke BK untuk lakukan verifikasi, penyelidikan, dan klarifikasi,” kata Saron.

Jika ini memang dilakukan oknum DPRD Sulut, dinilainya sudah mencoreng nama baik lembaga.

“Kita ini representasi rakyat Sulut dan kita menjadi rujukan moral dan etika. Menjadi tanggung jawab dan tugas anggota DPRD menjaga kehormatan lembaga ini,” tukasnya.

Mengenai sanksi, sesuai dengan Tata Tertib, jika ini benar, dikaji, diselidiki, diverifikasi maka ada beberapa sanksi.

“Pertama teguran lisan sesuai pasal 65, teguran tertulis, dan pemberhentian. BK dapat memberhentikan kemudian menyampaikan kepada pimpinan DPRD, lalu pimpinan membawa itu di rapat paripurna. Pemberhentian dari alat kelengkapan dewan dan selanjutnya sebagai anggota DPRD. Tapi ini ada proses,” sebutnya.

Sementara itu, informasi diterima, hari ini akan ada aktivis dan LSM perempuan yang bakal menggelar aksi demonstrasi di kantor DPRD Sulut.(gel)

Artikel Terbaru