32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

Tuntaskan Tol Tiga Daerah dan Kimong

MANADOPOST.ID—Segudang prestasi berhasil dicapai Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) di periode pertama memimpin Sulawesi Utara. Berbagai megaproyek dari pemerintah pusat datang ke Sulut, atas lobi OD-SK.

Seperti Jalan Tol Manado-Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Palapa Ring di daerah kepulauan, International Hub Port (IHP) Bitung, Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Ilo-Ilo Wori, Waduk Kuwil, pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado, serta Bendungan Lolak.

Periode kedua ini, OD-SK selain menyelesaikan megaproyek yang masih tertunda di periode sebelumnya, ada beberapa janji kampanye yang akan direalisasikan. Di antaranya Kawasan Industri Mongondow (Kimong) dan jalan tol tiga daerah.

Ini dipastikan Gubernur Olly, beberapa waktu lalu. “Semua yang kita sampaikan waktu kampanye akan direalisasikan dalam pembangunan beberapa tahun ke depan. Saya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Pusat menyambut baik. Pasti kita akan terus melakukan lobi dengan pusat dalam kesuksesan program di daerah. Pasti megaproyek kedepan akan terus ada,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat dikonfirmasi koran ini, Minggu (28/2) kemarin, memastikan semua megaproyek yang telah diwacanakan akan dilakukan. “Bappenas sudah menyetujui usulan-usulan kita waktu lalu. Tol tiga daerah serta Kimong sudah disetujui Bappenas. Bahkan Pemerintah Pusat masih meminta usulan ke kita untuk pembangunan kedepan. Jadi kita sudah pastikan bahwa capaian-capaian pembangunan yang telah berhasil kita lakukan, akan berlanjut lagi. Kita tentu meminta dukungan masyarakat agar semua program kedepan bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Kandouw mengatakan, sesuai arahan presiden terkait perencanaan pembangunan infrastruktur dasar, tindaklanjut yang dilakukan adalah percepatan pelebaran jalan dan pembangunan jembatan, pembangunan TPA sampah, percepatan pembangunan jalan tol Manado-Bitung. Itu menurut Kandouw melibatkan banyak elemen penanggungjawab. Mulai dari Kementerian Bappenas, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR sampai pemerintah kabupaten.

“Ada banyak arahan presiden yang memang akan segera ditindaklanjuti. Ada juga perencanaan pengembangan kawasan pariwisata Bunaken. Ya tindaklanjutnya adalah revitalisasi pengaman pantai, penataan PKL, pengelolaan sampah dan Taman Nasional Bunaken. Ada banyak juga yang sedang digenjot. Dan ini memang dikeroyok bersama pemerintah pusat. Dan kedepan, ada megaproyek lain yang telah mendapat persetujuan pusat. Akan kita upayakan untuk segera running,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru