24 C
Manado
Minggu, 25 Oktober 2020

SVR: Saya Sudah Pensiun

MANADOPOST.ID–Akhir pekan lalu, pertemuan antara incumbent Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan Bupati Minahasa Periode 2003-2008 dan 2008-2013 Stefanus Vreeke Runtu (SVR), cukup ramai dibicarakan. Namun pertemuan tersebut dibeberkan SVR tidak disengaja.

Ketika diwawancarai Manado Post, SVR membenarkan adanya pertemuan dengan OD, pada Jumat (29/5) pekan lalu. “Itu kegiatan penyaluran bantuan di Kawangkoan. Setelah itu kita ke Tondano,” kata SVR. Namun dia menegaskan jika pertemuan ini adalah kebetulan.

“Saya mau ketemu dengan Pak Wenny Lumentut. Kebetulan beliau sedang bersama Pak Gubernur di Kawangkoan. Saya lalu bertemu dengan rombongan di Kawangkoan,” kata Wakil Ketua DPRD Sulut Periode 2014-2019 ini.

Usai ikut penyaluran bantuan di Kawangkoan, SVR pun tetap bersama dengan rombongan ke Tondano, Minahasa. “Kebetulan juga saya mau pulang. Jadi sempat ikut bersama rombongan ke rumah pak gubernur di Tondano,” ujarnya.

Ketika banyak pihak mengaitkan pertemuan ini dengan politik, SVR menilai kurang tepat. “Siapa saya? Saya sudah tak mencalonkan diri. Saya juga bukan pejabat. Saya sudah pensiun dari dunia perpolitikan. Jadi kalau ada yang mengaitkan pertemuan ini dengan politik atau pilkada, tidak tepat,” tegas politikus senior Partai Golkar ini.

Di lain sisi, SVR melayangkan pujian pada sosok OD. Langkah Gubernur Olly Dondokambey memberikan bantuan pada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, diapresiasi SVR. Menurut SVR, pemimpin memang harus hadir di masyarakat di saat seperti ini.

“Pandemi Covid-19 memberi dampak pada kehidupan masyarakat. Dan saya memberi apresiasi pada Pak Gubernur yang terus turun ke masyarakat membawa bantuan. Khususnya masyarakat di Minahasa,” tandasnya.

Pengamat politik Sulut Alfons Kimbal saat diminta tanggapan terkait pertemuan tersebut mengakui jika SVR masih punya pengaruh besar. Baik di tubuh Partai Golkar maupun di masyarakat Minahasa Raya.

“Menurut saya jika pertemuan ini hanya silaturahmi biasa tentu tak berpengaruh langsung pada suksesi pilkada. Kecuali dalam pertemuan itu baik Pak Olly maupun Pak SVR saling beri dukungan,” tuturnya.

Dia mengatakan, SVR adalah tokoh Partai Golkar yang masih punya pengaruh. “Beliau mantan pimpinan DPRD Sulut dan pernah dua kali jabat Bupati Minahasa. Tentu sudah ada massa militan. Kekuatan simpul massa yang dimiliki SVR ini bisa saja berbelok ke Pak Olly di pilkada nanti,” kunci akademisi Fispol Unsrat ini.(gel)

-

Artikel Terbaru

Ibadah Sabat di GMAHK Tompaso, Hamba Tuhan Doakan VAP Jadi Gubernur Sulut

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), Sabtu (24/10) beribadah Sabat di Gereja Advent Hari Ke Tujuh (GMAHK) Jemaat Pioner Kamanga, Tompaso, Minahasa.

SGR-NAP Nomor Satu di Minut, Pemimpin Tanah Tonsea 2021

Calon Bupati Shintia Gelly Rumumpe dan Calon Wakil Bupati Netty Agnes Pantouw (SGR - NAP) nomor satu di Minahasa Utara (Minut).

Avanza Terbalik di Turunan Senduk, Penumpang Ada Anak Kecil dan Lansia

Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Senduk, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sabtu malam (24/10).

Massa Membludak, WL Tunda Kampanye Dialogis di Tara-Tara

Tahapan kampanye calon peserta pilkada sementara berlangsung. Termasuk para pasangan calon di Pilwako Tomohon. Ketatnya aturan kampanye untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 membuat paslon ikut hati-hati menggelar tahapan ini.