22 C
Manado
Selasa, 27 Oktober 2020

Diklat Kewirausahaan Tingkatkan Pendapatan Keluarga Sejahtera di Sulut

MANADOPOST.JAWAPOS.COM-Pendidikan dan pelatihan (Diklat) kewirausahaan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Demikian tujuan acara yang diusung dalam kegiatan yang menghadirkan pembicara Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sulut Ir Ronald Sorongan MSi, Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Ir Tino Tandaju MErg, serta Ketua Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (AKU-UPPKS) Cindy Wowor SE MM.

Sorongan memberikan apresiasinya kepada pengurus AKU-UPPKS Periode 2020-2024, yang baru dikukuhkan Gubernur Sulut pada 7 September 2020 di Hotel Peninsula Manado. “Melihat situasi dan kondisi pandemi yang telah memberi dampak buruk terhadap kehidupan masyarakat umum dan keluarga kita di Sulawesi Utara. Maka AKU-UPPKS bergerak dan berperan untuk memberikan solusi yang inovatif, agar pelaku usaha tetap eksis dan bisa bertahan,” sebut Sorongan dalam sambutannya.

Diakui Ketua AKU-UPPKS, pihaknya saat ini sedang berkipra di tingkat nasional dengan beberapa usaha yang sedang dilaksanakan. “Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan ini, tujuan utamanya agar ada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi keluarga dalam rangka menurunkan tingkat kemiskinan di Sulut. Sesuai visi misi pemprov,” papar Cindy Wowor.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Tino Tandaju, menyampaikan kerja sama ini harus dibangun dan dipertahankan. “Sebab memiliki tujuan untuk menyejahterakan masyarakat, lebih khusus keluarga-keluarga kita,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini telah masuk era 4.0 yang semakin kompleks. Sehingga menuntut masyarakat agar mampu menyesuaikan dengan perubahan. “Pengurus AKU-UPPKE dituntut membaca situasi dan peluang yang cepat berubah karena sistem pemasaran hampir semua memakai digital sistem online. “Contoh kecil Gofood,” katanya. “Diklat ini secara langsung memberi nilai tambah. Baik pengetahuan teknis pengelolaqn UPPKS, manajemen, keterampilan, permodalan, hingga kualitas produksi dan akses pemasaran,” pungkasnya.

Kadis Koperasi mengambil tema pembicaraan ‘KEBIJAKAN DALAM PENGEMBANGAN KOPERASI’. Kepala Perwakilan BKKBN Sulut ‘KELOMPOK UPPKS SEBAGAI WADAH PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA AKSEPTOR’. Sementara Ketua AKU-UPPKS terkait ‘AKSES PEMASARAN MELALUI ONLINE DAN KUALITAS PRODUKSI, SERTA DARI PIHAK PERBANKAN AKSES PERMODALAM’.

Giat diikuti 30 pengurus UPPKS yang tersebar di empat daerah. Manado, Minut, Tomohon, Minahasa. Berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Sejak 29 September hingga 2 Oktober esok.(gnr)

-

Artikel Terbaru

Silangen Dilantik, MJP Tantang Tetap Kritis pada Pemprov

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sah dilantik, kemarin. Banyak ucapan dan harapan mengalir dari rekan sekerjanya di DPRD Sulut. Salah satunya dari personel Komisi IV DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP).

Taati Protokol Kesehatan saat Berlibur, Clay: Harus Disiplin dan Peduli

Akhir pekan ini, bakal ada libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad, 28-30 Oktober. Momen liburan panjang seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan. Mengingat pandemic Covid-19 belum berlalu, Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP pun meminta masyarakat Minahasa Utara yang hendak berlibur, agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin supaya tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Warga Bitung Siap Bawa Kemenangan untuk VAP-HR

Dukungan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mengalir. Warga dari segala penjuru Sulut tak henti menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut dua yang diusung partai NasDem ini. Seperti terpantau Senin (26/10), saat VAP-HR menggelar kampanye terbatas di sejumlah lokasi di Bitung, antusias warga tak terbendung meski kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Keke Minahasa Lolos Pantukhir Seleksi WARA Tingkat Sulut

Mariska Onibala, berhasil lolos kegiatan penentuan terakhir (pantukhir) seleksi Penerimaan Bintara PK (WARA) Wanita Angkatan Udara Gelombang II TA 2020, di Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, Senin (26/10).

Nostalgia di Persekolahan Advent Unklab, Clay: Saya Jualan Roti

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay June Dondokambey SSTP MAP, Senin (26/10) diundang ke talkshow Unklab Adventist Laboratory School. Kepala Biro Umum Pemprov Sulut ini pun diajak bernostalgia di Persekolahan Advent Unklab.