25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Bawaslu Sulut Gelar Sekolah Baku Beking Pande di Talaud

TALAUD— Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (3/11) menggelar bimbingan teknis (bimtek) peningkatkan kapasitas jajaran SDM Pengawas di Kabupaten Kepulauan Talaud.

‘Sekolah Baku Beking Pande’ kali ini bertujuan meningkatkan kapasitas Pengawas dalam penulisan press rilis, pembuatan spanduk atau poster, dan pengumpulan dan penyimpanan data menggunakan g-suite. Kegiatan ini dihadiri Ketua Bawaslu Sulut Herwyn JH Malonda, struktural staf sekretariat Bawaslu Sulut, dan peserta.

Pemateri pertama Dony Lumingas, menjelaskan dalam penulisan press rilis suatu berita disusun secara singkat, padat, dan jelas. “Terkait dengan pemilihan inti kata yang penting tidak perlu diuriakn secara keseluruhan namun diambil garis-garis besarnya saja. Secara teknis penulisan rilis berita menggunakan rumus 5W1H, yang dapat diruaikan terkait peristiwa apa yang terjadi, kapan persitiwa itu terjadi, dimana peristiwa itu terjadi, siapa-siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut, dengan bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Untuk penulisan berita dalam kelembagaan Bawaslu juga harus berkoordinasi antara Bawaslu dengan jurnalis agar dapat konformasi apakah press rilis sudah di tayangkan atau belum,” jelasnya.

Materi kedua oleh Dr Viktorry Rotty, dalam penyampainya terkait penggunaan G-Suite untuk menunjang kinerja Bawaslu. “Pada Pilkada tahun 2020 di tengah pandemic Covid-19, banyak hal-hal baru yang harus di jalani. Penggunaan G-Suite sangat di perlukan dalam kerja-kerja pengawasan bawaslu. Dalam rangka mebuat laporan atau jika ada dugaan pelanggaran yang pertama ialah data apa yang harus di muat. Data merupakan bahan empirik dalam memecahkan masalah (jika ada dugaan pelanggaran). Data yang sangat di perlukan dalam pengawasan ialah data kualitatif. Analisis data kuliatatif yakni, collect data, reduksi data, display data, serta verifikasi ataupun kesimpulan data. Dalam pengumpulan data perlu kita mendigitalisasi data, ada data bersifat hanya informasi, misalnya data pengawasan dari panwaslu kecamatan diteruskan di bawaslu kabupaten. Memang ada banyak aplikasi yang bisa di gunakan dalam proses pengumpulan data minimal jajaran bawaslu kabupaten maupun panwaslu kecamatan mampu menggunakan G-Suite,” beberny.

Ketiga materi dari Dr Ferol Warouw terkait Desain Flyer Publikasi. Katanya, poster memberikan grafis yang bisa ditempel di dinding. Kanva adalah aplikasi paling mudah digunakan, bisa di gunakan lewat smartphone android. Poster merupakan sarana edukasi iklan dan propaganda. “Contoh poster yang baik ialah desain sekolah baku beking pande. Pemilihan warna dan huruf sangat menentukan pada saat membaca. Jika dalam membuat poster bisa direkayasa desainnya. Tidak baik jika membuat poster yang tidak mencerminkan etika. Dalam membuat poster Bawaslu harus sesuai dengan objek, icon dan  seusai dengan kaidah-kaidah yang ada. Kriteria Poster bawaslu yang baik ialah mudah dilihat, menarik, terstruktur, berguna, informatif, teliti, mengikuti persyaratan dan sederhana,” tukasnya.

Ke depan Bawaslu Provinsi berharap Bawaslu Kabupaten maupun Panwaslu Kecamatan mampu mendesain flyer publikasi atau poster publikasi guna menunjang ke kerja-kerja bawaslu baik pencegahan, pengawasan, serta penindakan.(*)

-

Artikel Terbaru

DMR Resmi Wakil Ketua DPRD Minut

Kursi Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara (Minut), resmi diduduki Daniel Mathew Rumumpe. DMR, sapaan akrab Rumumpe, menggantikan kakaknya Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang saat ini maju sebagai calon bupati Minut.

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).