26 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Cengkih, Pala, Kelapa Kans Diekspor ke India

MANADOPOST.ID—Potensi perkebunan Sulawesi Utara (Sulut) mengundang decak kagum investor. Seperti Senin (2/11) kemarin, anggota DPR RI Mindo Sianipar memboyong investor untuk ekspor cengkih ke India.

Investor asal India melalui Direktur PT Sarana Alam Indonesia Manu Mircandani bahkan langsung diajak berdialog dengan petani Sulut di gedung DPRD Sulut. Dihadiri langsung Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen dan anggota Komisi IV Fanny Legoh.

Pada wartawan, Manu Mircandani mengaku pihaknya telah berkomunikasi dengan Olly Dondokambey, yang kini sedang cuti karena jadi peserta di pilgub 2020.

“Mudah-mudahan Januari nanti kami sudah buka cabang di sini. Ada beberapa produk yang kita pasarkan ke luar negeri, khususnya India. Di antaranya kelapa, kembang pala, dan cengkih,” ungkap pengusaha keturunan India itu.

Dia mengatakan, melihat kualitas cengkih dan komoditi unggulan lain di Sulut, sangat berpeluang dipasarkan ke India. “Asalkan para petani bisa memenuhi standar kualitas kami, pasti bisa diekspor,” tukasnya. Dia menjelaskan, secara statistik India membutuhkan ratusan kontainer cengkih setiap tahun.

“Sedangkan untuk kembang pala sekira 70 sampai 80 kontainer setiap tahunnya. Akan tetapi kita lihat, kita bisanya berapa. Ini semua kan tergantung harga dan spesifikasi. Untuk harga, kami upayakan semaksimal mungki untuk para petani,” tukasnya.

Dia menambahkan, sebagai calon investor, pihaknya siap membekali petani terkait standar kualitas cengkih yang bisa dijual. “Itu kami siapkan,” sebutnya.

Mengenai jalur ekspor, dirinya berharap bisa seperti ekspor ke Jepang. Direct dan tak perlu singgah ke daerah lain. “Tapi untuk sementara, rencananya melalui Surabaya. Namun kalau bisa langsung dari Bitung, kenapa tidak,” kuncinya.

Di tempat yang sama, Fanny Legoh menuturkan masuknya investor India ke Sulut ini adalah anugerah bagi para petani cengkih, kelapa, dan pala.

“Karena selama puluhan tahun tidak ada satu orang pun, satu grup, atau oknum yang membawa pembaharuan masalah cengkih, pala, dan kopra. Baru sekarang di pemerintahan Pak Olly Dondokambey dan Pak Mindo Sianipar membawa rekan investor bertemu petani,” tandasnya.(*)

-

Artikel Terbaru

Jasa Raharja Salur 35,1 Miliar Santunan Lakalantas

Hingga November PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara telah menyerahkan santunan kecelakaan lalu lintas sebesar Rp 35,1 miliar.

Tidak Perlu Percaya Hoax, PAHAM Masih Teratas

Pendukung fanatik dan militan paslon wali kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) dan wakil wali kota Harley Mangindaan (AiM) tidak perlu merasa terganggu dengan upaya pembentukan opini miring yang disampaikan oleh lawan-lawan politik PAHAM terkait dengan hasil riset yang dilakukan lembaga survei Indobarometer yang menempatkan elektabilitas paslon PAHAM sudah mencapai 39,5 persen atau selisih 12,2 persen dengan paslon berikutnya.

Diutus Khusus, Pdt Arina dan Pelsus GMIM Doakan PAHAM

Masuknya nama Wakil Ketua Komisi W/KI Sinode GMIM Penatua Prof DAr Julyeta Amelia Paulina Runtuwene MS (JPAR) dan Ketua Komisi P/KB Wilayah Manado Timur IV Penatua Dr Harley Mangindaan, dalam daftar calon wali kota dan wakil wali kota Manado yang akan bertarung dalam pilkada 9 Desember mendatang, rupanya menjadi perhatian khusus BPMS GMIM.

Taman Baca Beroperasi 2021

Semakin berkembangnya zaman, namun disayangkan minat baca masyarakat semakin minim.

Bagi-Bagi Masker Gratis Cegah Covid-19

UPTD Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) turut serta mengampanyekan Gerakan Bersama (Gema) 3M Lawan Covid-19.