28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

Jamin Ketahanan Pangan Daerah, Subsidi Covid-19 Perikanan Tangkap Sasar Nelayan Kecil

MANADO— Nelayan kecil tradisional dan pembudidaya ikan Sulawesi Utara di 14 Kabupaten dan Kota secara bertahap akan memperoleh subsidi dalam menghadapi pandemi Covid-19 dari pemerintah. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut Dr Ir Tienneke Adam MSi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Jesta M Saruan SPi.

“Subsidi ini sementara dalam proses penyaluran, didalamnya 434 unit cool box yang sengaja kami targetkan pada mereka yang merupakan nelayan kecil, selain itu ada juga pakan dan benih untuk 300 pembudidaya,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, pihaknya juga sedang merancangkan penyaluran BBM gratis bagi 1500 orang nelayan. “BBM gratis ini kami berikan 50 liter per nelayan, ini kami rancangkan untuk bantuan Covid, namun masih menunggu dan berproses, kami sedang melobi untuk ketersediaan BBM ini di Pertamina,” terangnya.

Dia menambahkan, sangat bersyukur karena di masa sulit seperti ini, nelayan tidak berhenti berusaha dan beroperasi. “usaha pada sektor ini masih tetap konsisten, sehingga kami berharap kapal-kapal penangkap ikan 10GT keatas akan terus melaut, tentu dengan memerhatikan protokol kesehatan diatas kapal,” timpanya.

Dia mengatakan ini bagus untuk menopang ketahanan pangan daerah, nelayan tidak membatasi usahanya, buktinya mereka terus melaut menangkap dan menjual. “Memang yang terjadi kerap kali terdapat fluktuasi harga ikan harian di pelabuhan perikanan yang berbeda beda, tapi pantauan kami hingga kini masih relative normal,” sebutnya.

Dia menjelaskan, termasuk nelayan kecil yang menggunakan kapal tangkap ikan 5GT kebawah seperti katinting dan sebagainya yang terus menangkap untuk kebutuhan keluarganya dan lebihnya dijual, “Hasil tangkapan merekalah yang tersedia bagi masyarakat, karena mereka yang akhirnya berinovasi sendiri dengan membuka lapak di sepanjang jalan seperti Kalasey hingga Bahu belum lagi di area Manado Utara sana,” tukas dia.

Dia memastikan akan terus memantau setiap informasi masyarakat terkait ketersediaan ikan tangkapan di masyarakat. “Selain memantau ini kami juga akan melihat dan memastikan kebutuhan nelayan tangkap tetap tersedia, yang pasti dengan pemberian bantuan subsidi seperti ini,” tandasnya. (asr)

-

Artikel Terbaru

Menuju 40 Persen Mor-HJP Peluang Besar Pimpin Manado

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan  Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.