25 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Sektor Perikanan Jadi Pendongkrak Ekonomi Baru

MANADOPOST.ID—Perikanan Sulut kedepan direncanakan menjadi salah satu sektor utama selain pertanian, dalam mendongkrak perekonomian. Untuk itu, selain didongkrak dengan kekayaan alam perairan, pemerintah turut memperhatikan status nelayan dengan memberikan asuransi.

Dengan dikembangkannya KEK Industri Bitung, perikanan Sulut diprediksi bakal bertumbuh pesat. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut Tinneke Adam menyebut program pemberian asuransi sudah ada sejak tahun 2016. Dan pihaknya telah mendorong agar semua nelayan dapat tercover asuransi.

“Program ini sudah ada sejak 2016 lalu. Dan menjadi program prioritas pemerintah provinsi Sulut dengan nama Kartu Pelaku Usaha Perikanan Kelautan (Kusuka),” ungkapnya. Lanjut dia, sampai saat ini ada puluhan ribu nelayan yang terdaftar program Kusuka.

“Tahun lalu kami sudah membagikan 37.682 Kusuka, dimana sesuai data jumlah nelayan Sulut sekitar 121.000 atau baru sekitar 31,1 persen nelayan yang terdaftar memegang kartu ini. Untuk tahun ini agak tertunda karena pandemi Covid-19,” terangnya, sembari menyebut program ini akan kembali berjalan tahun depan seiring dengan pulihnya kembali perekonomian.

Baru-baru ini Olly Dondokambey yang merupakan Gubernur Sulut berstatus cuti menegaskan salah satu daerah di Sulut yakni Kota Bitung adalah kawasan pesisir yang sangat potensial untuk terus dibangun dan dikembangkan sebagai pusat jasa, perdagangan, sekaligus kawasan perikanan.

“Bitung menjadi pusat jasa dan perikanan. Itu adalah konsep kita ke depan dengan potensinya yang ada. Sebab masing-masing kabupaten dan kota memiliki potensi tersendiri,” ujar Olly di Kawasan Aertembaga, Bitung, Sulawesi Utara, Minggu (1/11).

Olly menjelaskan, Kota Bitung mempunyai modal yang sangat baik untuk dikembangkan menjadi pusat jasa, perdagangan, jasa komunikasi, dan pelayanan. Selain posisi geografisnya yang strategis di ujung Sulawesi Utara, juga dukungan insfrastruktur yang terus dibangun dan dikembangkan. Salah satunya adalah jalan tol Manado-Bitung yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Kemudian pelabuhan, bahkan jalan sampai ke desa-desa.

Menurut Olly, Bitung juga menjadi kawasan perikanan yang besar. Sebab nelayan di sini sangat tangguh dan menjadi salah satu penghasil ikan unggulan di Sulawesi. Hasil perikanan Bitung termasuk yang diekspor ke Jepang.

“Sejauh ini, ekspor ikan ke Jepang sudah enam kali dilakukan, dan tentunya akan terus dilakukan dengan kapasitas yang bertambah lagi. Dengan demikian lambang ikan cakalang di Bitung akan diganti dengan lambang ikan yang lebih besar yaitu ikan Tuna,” tukas Olly.

Salah satu terobosan yang akan dilakukan oleh adalah menyiapkan asuransi khusus bagi para nelayan yang telah menjadi program unggulan pasangan Olly-Steven untuk periode kedua kepemimpinan nanti.

“Kita akan jalankan program asuransi nelayan. Jadi para nelayan tidak akan terbebani karena ada jaminan asurasi yang disediakan pemerintah. Jadi selain provinsi nanti pemerintah kota Bitung juga punya program khusus ke nelayan. Ini adalah program dari atas yang benar-benar turun ke bawah sehingga dapat dirasakan masyarakat,” lanjut Olly.

Seluruh program yang dijalankan ini, kata Olly, berfokus pada tujuan mencapai kesejahteraan untuk semua masyarakat. Sebab tujuan berpolitik itu adalah mewujudkan kesejahteraan.

“Kami sudah lebih dulu menjalankan program asuransi kepada petani, peternak dan kali ini nelayan. Ini menandakan bahwa pemerintah memang wajib menyiapkan program nyata yang ujungnya adalah menyejahterakan masyarakat,” tandas Olly.(cw-01/gnr)

-

Artikel Terbaru

DMR Resmi Wakil Ketua DPRD Minut

Kursi Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara (Minut), resmi diduduki Daniel Mathew Rumumpe. DMR, sapaan akrab Rumumpe, menggantikan kakaknya Shintia Gelly Rumumpe (SGR) yang saat ini maju sebagai calon bupati Minut.

Zaman Kapolri Idham Azis, tidak Ada Anjak yang Habis Sekolah

Dalam Apel Kasatwil 2020 di Mabes Polri pada Rabu (25/11), Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan perihal pembinaan personel kepolisian. Ada hukuman dan penghargaan bagi anggotanya. Bahkan, seluruh personel Bhayangkara akan mendapatkan jabatan sesuai dengan kompetensi individu.

Perselisihan Dua Desa, Kapolres Turun Tangan

MANADOPOST.ID- Anak-anak muda di dua desa yakni Desa Tenga dan Desa Pakuure, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini sempat terjadi perselisihan.

Lansia 80 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

MANADOPOST.ID--Desterina Talamuda (80), warga Kuma Kecamatan Essang Selatan, ditemukan tak bernyawa di Sungai Liumbarango.

Hadirkan Ketum GMNI, Liow Apresiasi Bedah Buku OD-SK

MANADOPOST.ID--Mahasiswa dan generasi milenial Sulut mengikuti Diskusi bedah buku ‘Moving Forward: Memahami Revolusi Mental dan Politics of Hope Dalam Kepemimpinan Aksi Nyata dan Tata Kelola Pemerintahan ODSK’ di Grand Puri Hotel Manado, Rabu (25/11).