30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Komisi II Sorot Pajak Pelindo Bitung

MANADOPOST.ID—Rabu (3/2), Komisi II DPRD Sulut melakukan kunjungan kerja di PT Pelindo 4 Persero Cabang Bitung. Diungkapkan Ketua Komisi II Cindy Wurangian, kunker tersebut diterima oleh PTSGM Burhamnudin, didampingi kepala UPTD.

“Diskusi ini berlangsung sangat singkat karena kami dapati PT Pelindo 4 Cabang Bitung melakukan pembayaran pajak air permukaan ke pemerintah Sulut hany sebesar Rp 147.000/bulan,” bebernya.

Wurangian menuturkan, ini berlangsung sepanjang tahun 2020 dan baru dilunasi sampai Mei. “Juni-Desember belum lunas sampai dengan hari ini,” tukas politikus Partai Golkar ini.

Terkait dengan jumlah besaran tagihan sebesar Rp 147.000/bulan ini, lanjut Wurangian, mendatangkan banyak pertanyaan.

“Jika dibandingkan dengan instansi lain, contohnya di Kota Bitung PDAM 2 Sudara, PDAM ini membayar setiap bulan hampir 2 juta dan bervariasi. Tergantung jumlah debit air yang digunakan perbulan ada. Sekira 1,5 juta sampai 2 juta perbulannya,” kata Wurangian.

Nominal yang dibayarkan Pelindo ini, lanjutnya, sangat kecil. “Pertanyaannya, kenapa PT Pelindo bisa kenakan flat rate. Kenapa ratenya bisa begitu rendah, ini putusan dari siapa? Ini menjadi salah satu topik hangat di diskusi Komisi II bersama PT Pelindo,” urainya.

Sayangnya, pertanyaan-pertanyaan ini, kata Wurangian, tak bisa dijawab. “Rapat harus kami skors dan nanti akan dijadwalkan rapat lanjutan sesuai komiten PT Pelindo, mereka akan mengumpulkan data-data penunjang terkait dengan rate pajak air permukaan yang mereka bayarkan hingga saat ini,” kunci legislator dapil Minut-Bitung ini.(gel)

Artikel Terbaru