32 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Timbul Kontroversi, Disbud Fasilitasi Teater Pingkan Matindas

MANADOPOST.ID—Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Sulawesi Utara Jendry Sualang SPd MAP segera memfasilitasi pertemuan antara sutradara, pihak Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), para seniman dan budayawan Bolmong Raya, terkait pentas teater Pingkan Matindas ‘Cahaya Bidadari Minahasa’ yang dinilai kontroversi.

“Pihak Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, dalam waktu dekat segera memfasilitasi pertemuan sejumlah pihak dengan melibatkan para seniman dan budayawan terkait pagelaran teater Pingkan Matindas yang diprotes teman-teman budayawan Bolmong Raya,” kata Sualang, Selasa (3/11).

Menurut Sualang, duduk bersama dan berdialog merupakan solusi, apabila terjadi protes terhadap suatu karya seni, sehingga semua pihak nyaman dan persoalan tidak berkepanjangan.

Dijelaskan Sualang, memang saat dipentaskannya teater Pingkan Matindas ‘Cahaya Bidadari Minahasa’ oleh Institut Seni Budaya Independen Manado (ISBIMA) pada Sabtu (31/10) lalu, Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut hadir sebagai undangan, diwakili Kabid Kesenian.

“Isi dan materi dari pementasan ini juga kami tahu sesesudah pementasan teater. Tetapi kalau ada pihak yang mengkritisi pementasan ini, saya kira hal yang wajar, apalagi kalau isi materinya, ada yang dianggap keliru atau tidak sesuai dengan fakta sejarah oleh para penonton, terlebih saudara-saudara kita dari Bolmong Raya, sebab berhubungan dengan raja mereka,” terang Sualang.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

517 Guru Honorer di Bolsel Bakal Terima BSU

MANADOPOST.ID--Sebanyak 517 guru honorer di Kabupaten Bolsel akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Tegas! Belum Kuorum, Silangen Skors Paripurna Penetapan RAPBD 2021

MANADOPOST.ID—Paripurna penetapan RAPBD 2021 yang digelar DPRD Provinsi Sulut terpaksa diskors. Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pukul 11.00.

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.