25C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Olly-Kapolda Cs Bersyukur, Sulut Kondusif

MANADOPOST.ID-Guna memastikan ibadah Paskah berjalan dengan aman, Forkopimda Sulawesi Utara (Sulut) mengecek langsung situasi sekaligus kegiatan pengamanan di beberapa gereja di Kota Manado, Minggu (4/4).

Pengecekan dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlanudsri Marsma TNI Satriyo Utomo, dan Danlantamal VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya.

Pengecekan dilakukan di tiga lokasi secara berturut-turut. Yakni Gereja Katolik Paroki St. Ignasius Jalan Maria Walanda Maramis, Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Sentrum Jalan Sarapung, dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Pusat Jalan Sam Ratulangi.

Gubernur usai peninjauan, mengatakan, rangkaian ibadah Paskah hingga malam ini berjalan dengan baik. “Dan kita berharap sampai dengan ibadah Paskah kedua besok (Senin) juga berjalan dengan lancar dan aman,” ujarnya di depan GPdI.

Dalam kesempatan ini gubernur juga mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, baik dalam kegiatan ibadah maupun aktivitas sehari-hari. “Tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Juga tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap kegiatan-kegiatan di sekitar kita. Dan tidak perlu khawatir karena aparat keamanan beserta stakeholders di Sulawesi Utara selalu siap siaga,” kuncinya.

Sementara itu Kapolda Sulut, menerangkan, pengamanan rangkaian ibadah Tri Hari Suci mulai dari Kamis Putih, Jum’at Agung hingga Minggu Paskah di wilayah Provinsi Sulut melibatkan sekitar enam ribu personel gabungan TNI-Polri, Sat Pol PP dibantu elemen masyarakat. “Kita mensyukuri pelaksanaan ibadah selama tiga hari tersebut berjalan dengan lancar, tertib, dan kondusif,” jelasnya.

Kapolda juga mengapresiasi seluruh pihak yang turut berpartisipasi dalam pengamanan, termasuk di antaranya organisasi pemuda dan ormas dari agama lain. “Ini menunjukkan toleransi antar umat beragama yang sangat tinggi dan sangat baik di Provinsi Sulut,” tuturnya.

Senada dengan gubernur, Kapolda juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19, sehingga Provinsi Sulut bisa menjadi zona hijau kembali. “Saya beserta keluarga besar Polda Sulut mengucapkan selamat merayakan Paskah untuk umat Kristiani,” pungkas Irjen Sudjana.(gnr)

Artikel Terbaru