28 C
Manado
Rabu, 2 Desember 2020

KPU Ciptakan Aplikasi Telusuri Daftar Pemilih

MANADOPOST.ID–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado melakukan inovasi menciptakan aplikasi website Dego-dego Pemilih.

Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Abdul Gafur Subaer mengatakan, aplikasi ini untuk menelusuri nama pemilih terdaftar atau belum terdaftar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Menurut dia, aplikasi ini akan siap paling lambat dua Minggu sebelum hari pencoblosan. “Aplikasinya sudah jadi, KPU sementara menunggu kelengkapan data basenya untuk diupload, supaya tidak gampang dibobol dan dimanipulasi,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, Pilkada di Kota Manado tiap periode terdapat banyak Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPtb), jadi aplikasi ini mencegah atau bisa saja meminimalisir penumpukan hal tersebut.

“Aplikasi ini sama persis dengan aplikasi yang digagas oleh KPU Republik Indonesia (RI) yaitu lindungihakpilihmu.kpu.go.id dengan fungsi yang sama,” ujarnya.

Lanjut dia, keduanya mempunyai fungsi dan kepentingan, yaitu kroscek terdaftar atau belumnya masyarakat dalam daftar pemilih.

“Tetapi, KPU Manado mempunyai inisiasi untuk membantu dan mencegah jikalau aplikasi nasional terdapat gangguan jaringan pada hari pencoblosan,” katanya.

Subaer menegaskan, terkait lokasi TPS pemilih, jika pada kedua aplikasi KPU lokal maupun nasional tidak terdaftar, Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat bisa memberikan hak pilih sebagai DPK dengan membawa Indentitas diri KTP, jika terdaftar namun di TPS lain maka Petugas TPS akan mengarahkan pada TPS dimana dirinya terdaftar.

Dia berharap, agar masyarakat peduli untuk mengecek diri apakah terdaftar atau tidak.

“Pro-aktif masyarakat kami sangat butuhkan untuk maksimalnya daftar pemilih di Kota Manado, bisa juga langsung memberi tanggapan di Media Sosial KPU Kota Manado dengan Jajarannya perihal kendala-kendala pada pesta demokrasi 9 Desember nanti,” pungkasnya. (ite)

-

Artikel Terbaru

Pegadian Kanwil Manado Serahkan 4.200 Paket Bantuan Pangan

Selasa hingga Rabu tadi, Pegadaian Kanwil V Manado kembali menyalurkan paket bantuan pangan, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bagi nasabah dan masyarakat.

Tatong Warning ASN Terkait Politik Praktis

Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara me-warning kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar tidak terlibat politik praktis.

Kelangkaan LPG Jelang Nataru Diatensi Pemkab Minahasa

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, LPG subsidi 3 kilogram sering langka jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk itu Pemkab Minahasa berupaya melakukan upaya antisipasi menjaga kelangkaan LPG subsidi pemerintah tersebut.

SGR-NAP Didoakan Biarawati dan Anak Panti

Kemarin (1/12), Shintia Gelly Rumumpe (SGR) mengunjungi anak-anak yatim piatu dan para biarawati.

Bertemu VAP, Ini Harapan Warga Sangihe untuk Sulut Kedepan

Raut bahagia terpancar dari wajah warga Sangihe ketika bertemu pemimpin idola mereka, Calon Gubernur Sulut Dr Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP), Rabu (2/12).