32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

Gubernur OD Buka Peluang Beasiswa Unhan

MANADOPOST.ID—Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus didorong Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Hal ini terbukti dengan ditindaklanjutinya kerjasama di sektor pendidikan dengan Universitas Pertahanan (Unhan) RI lewat kunjungan kerja ke Kantor Unhan di Jakarta, Jumat (5/3) kemarin. Dari pertemuan tersebut, Gubernur OD membuka peluang beasiswa bagi putra-putri untuk masuk ke Unhan.

Hal ini disampaikan Gubernur OD usai melakukan pertemuan langsung dengan Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian.

“Jadi Unhan itu telah menjalin kerjasama dengan Pemprov Sulut tentang tridarma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat yang kita sepakati pada November 2019 lalu di Kantor Gubernur Sulut. Karena itu, putra-putri yang ingin mendapatkan beasiswa, sudah akan diatur pada Dinas Pendidikan Daerah Sulut. Ini untuk pengembangan SDM di Tanah Bumi Nyiur Melambai,” tuturnya.

Gubernur OD juga mengatakan bahwa, Unhan saat ini terus memprogramkan kegiatan kerja sama dan sosialisasi ke berbagai instansi TNI, pemerintah, dan BUMN.

“Ya kita harapkan melalui kegiatan tersebut, keberadaan Unhan akan lebih dikenal secara luas serta dapat membawa manfaat dalam menjaring para calon mahasiswa yang akan dibekali ilmu-ilmu pertahanan dan bela negara. Mereka inilah yang nantinya akan menjadi sumber daya pertahanan sehingga diharapkan bekal ilmu pengetahuan yang didapat selama menimba ilmu di Unhan akan bermanfaat untuk instansi atau satuan,” sebutnya.

Saat ini Unhan menurut Gubernur OD, kembali memberi beasiswa bagi putra putri terbaik bangsa untuk Tahun Akademik 2021/2022. Beasiswa ini ditujukan untuk semua kalangan, baik itu TNI, Polri, PNS, maupun masyarakat umum. Adapun sebutnya, beasiswa dari Unhan RI ini mencakup semua jenjang pendidikan. Mulai dari Program Sarjana S1, Program Magister S2, dan Program Doktoral S3.

“Untuk program Sarjana S1, Unhan RI akan memberikan beasiswa bagi lulusan SLTA atau sederajat jurusan IPA yang meliputi empat fakultas. Diantaranya Fakultas Kedokteran Militer (Prodi Pendidikan Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter), Fakultas Farmasi Militer (Prodi Ilmu Farmasi), Fakultas MIPA Militer (Prodi Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika), serta Fakultas Teknik Militer (Prodi Teknik Informatika, Teknik Konstruksi Bangunan Militer, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin),” tutupnya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru