32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

September, KPU Buka Pendaftaran Calon

MANADOPOST.ID—Tahapan Pilkada serentak terus bergulir. Dijadwalkan awal September mendatang memasuki tahap pendaftaran calon. Rabu (5/8) kemarin, KPU Provinsi Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi persyaratan pencalonan dan syarat calon dalam Pilgub Sulut 2020, melibatkan media massa.

Diungkapkan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, terkait syarat pencalonan KPU telah rapat bersama parpol. Mengenai persyaratan. “4-6 September kami mulai buka pendaftaran pencalonan parpol atau gabungan parpol. Ini perlu disosialisasikan agar parpol mempersiapkan persyaratan,” beber Mewoh.

Jika mekanismenya telah diketahui dan dipahami, Mewoh berharap nantinya tak ada persoalanan atau sengketa. “Sebagai penyelenggara, kami akan melaksanakan tahapan berdasarkan ketentuan. Prinsip kami, tegak lurus pada aturan,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Komisioner KPU RI Ilham Saputra memaparkan berbagai persyaratan terkait pencalonan yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU). “Misalnya mengenai dualisme pengurus partai. Ini tentu harus ditelusuri dengan benar,” tuturnya.

Di sisi lain, komisioner KPU RI Hasyim Ashari mengatakan tahapan pencalonan pada dasarnya ada bermacam syarat dan prosedur.

“Parpol hanya bisa mendaftarkan satu paslon. Itu berdasarkan SK DPP tentang siapa nama bakal calon yang diusung atau didaftarkan. Kemudian apabila parpol sudah daftarkan ke KPU, maka tak bisa ditarik kembali,” tegasnya.

Pada acara sosialisasi itu, para pemateri adalah para komisioner KPU. Yakni Yessy Momongan, Meidy Tinangon, Salman Saelangi dan Lanny Oientoe.(gel)

Artikel Terbaru