alexametrics
26.4 C
Manado
Selasa, 19 Oktober 2021
spot_img

Uskup Manado Bentuk Tim Internal Tangani Covid-19, Fabian Kaloh Bilang Begini

MANADOPOST.ID—Banyak pihak ikut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sulawesi Utara. Termasuk Keuskupan Manado. Di mana saat ini Uskup Manado membentuk beberapa tim di internal Keuskupan Manado yang secara berjenjang mulai dari tingkat Keuskupan, Kevikepan sampai ke Paroki dan Stasi, dalam menangani penyebaran Covid-19.

Ketua Kaum Bapak Katolik Kevikepan Tonsea yang juga legislator DPRD Sulut Fabian Kaloh memberi apresiasi atas langkah ini. “Tim yang dibentuk Keuskupan yaitu Tim Pelayanan Informasi dan Literasi, Tim Pelayanan Sosial, Tim Pelayanan Doa, Tim Pelayanan Pendampingan Keluarga Pasien dan Tim Pelayanan Sakramen untuk pasien dan Pemakaman Jenazah Covid-19. Tim Pelayanan dibentuk, diserahi tupoksi masing-masing, diberkati dan diutus oleh Pastor untuk melaksanakan tugas. Keselurahan Ttim ini sesuai surat Bapak Uskup adalah Satuan Pelayanan Penanggulangan Bahaya Covid-19 Keuskupan Manado (SPPBCKM),” urainya.

Yang menarik, lanjut anggota Fraksi PDI Perjuangan ini, Tim pelayanan Sosial mengurus pasien isolasi mandiri, domus isoman. Uskup meminta tim berkoordinasi dengan pemerintah untuk menggunakan Wisma Lorenzo Pineleng sebagai tempat domus isoman.

“Bapak Uskup mengingatkan Pastoral Kehadiran di samping pasien dan di tengah keluarganya adalah sesuai dengan panggilan kita, yaitu menyelamatkan jiwa-jiwa yang dipercayakan kepada kita. Kita memberikan kekuatan kepada pasien di saat puncak kelemahannya sebagai manusia, dan kita menjaga iman dari pasien dan keluarganya menghadapi saat kematian. Uskup berharap, karena menyadari bahaya yang dapat saja menimpa kita sebagai pelayan, tentu kita sendiri perlu secara optimal menjaga kondisi kesehatan kita, supaya tetap sehat walafiat, dan tetap mambangun harapan di tengah pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.(gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru