alexametrics
30.4 C
Manado
Jumat, 3 Desember 2021
spot_img

MJP: Masih Banyak Warga Belum Teredukasi Vaksinasi

MANADOPOST.ID—Komisi IV DPRD Sulut mendatangi Kabupaten Minahasa Selatan, beberapa waktu lalu. Diungkapkan personel Komisi IV Melky J Pangemanan (MJP), ada begitu banyak masalah di lapangan yang mereka temui.

Terutama terkait program vaksinasi yang sedang digenjot pemerintah. “Komisi IV mendatangi Dinas Kesehatan Minsel terkait ketersediaan dan pemberian vaksin bagi warga dan penerapan PPKM di Minahasa Selatan. Yang kami dapati, vaksinasi bagi warga di Minahasa Selatan belum mencapai angka 40%,” sebutnya.

Kemudian, saat ini sudah 56 ribu dosis untuk dosis pertama dan 8.000 dosis kedua. Pemerintah juga sedang menunggu Vaksin masuk dari pemerintah pusat.  “Untuk Agustus, 1.110 vial sudah masuk. Namun masih ada kendala di lapangan. Yakni masih banyak warga belum teredukasi vaksinasi,” ungkapnya.

Didapati ada kasus di Minahasa Selatan yang katanya meninggal setelah divaksinasi. Setelah diklarifikasi, ternyata meninggal karena penyakit yang diderita dari orang tersebut, berdasarkan hasil rekomendasi Komite Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI).

“Hal menarik juga, PPKM di Minahasa Selatan terbukti efektif dan menekan angka penyebaran Covid-19 hingga 75%,” tukasnya. Dari kunjungan ini, kata MJP, Komisi IV mendorong pemerintah provinsi segera melakukan koordinasi dengan Kemenkes RI mengenai ketersediaan kuota vaksin di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara.

“Pemerintah harus memastikan program vaksinasi berjalan dengan cepat dan sesuai target untuk mencapai herd immunity dan penerapan protokol kesehatan yang disiplin agar bisa menekan angka penyebaran Covid-19,” tandas Ketua Partai Solidaritas Indonesia Sulut ini.(gel)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru