28 C
Manado
Kamis, 3 Desember 2020

Jaga Realisasi 210,5 Miliar DAK

MANADOPOST.ID—Para kepala SMK, SMA dan SLB di Sulut kembali diingatkan agar mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 secara benar. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut dr Grace Punuh MKes, Selasa (10/11) kemarin.

Untuk SMA mendapat DAK Rp 80,8 miliar, SMK Rp 128,5 miliar, dan SLB Rp 1,2 miliar (lihat grafis, red). “Pencairan tahap dua selesai. Sudah disalurkan 40 persen. Kita akan masuk pencairan tahap terakhir, saat ini sementara berproses,” kata Punuh.

Dirinya meminta kepala sekolah (Kepsek) segera melaporkan rekin tahap dua, supaya tidak akan menghambat pencairan tahap terakhir. “Kami targetkan pencairan tahap terakhir dalam waktu dekat ini berproses. Untuk supaya dicairkan maka rekon semua sekolah harus diselesaikan,” pintanya.

Dalam pengelolaan DAK, dia berharap dapat daksanakan sesuai dengan juknis yang ada dan dengan mempertanggung jawabkan apa yang dilakukan. “Semoga proses pengerjaan proyek DAK ini bisa selesai sampai Bulan Desember dan tidak ada terjadi keterlambatan. Dan meski pandemi, para Kepsek dapat mengelola DAK sesuai peruntukkan,” harap Punuh.

Lanjut dia, dalam pengerjaan wajib mengacu pada Perpres Nomor 88 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis dan Permen Nomor 11 tahun 2020 tentang Petunjuk Opreasional. “Konsistensi sangat penting dalam pengerjaan proyek DAK Fisik ini dan jangan sampai pengerjaan serta laporan berbeda. Misalnya bahan yang digunakan kualitasnya tidak baik tetapi dalam laporan baik,” kuncinya.

Di sisi lain, legislator DPRD Sulut Melky Pangemanan menegaskan, transparansi penggunaan DAK wajib dikedepankan.

“DAK ini diberikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sulut. Wajib dipergunakan sesuai aturan yang ada. Sebagai lembaga yang ditugaskan lakukan pengawasan, tentu akan menjaga dan memelototi penggunaan DAK. Instansi teknis yang bersentuhan langsung dengan monitoring penggunaan DAK di sekolah-sekolah harus tegas. Kalau ada indikasi penyelewengan atau penggunaan tak sesuai aturan, langsung ditindak,” tegas personel Komisi IV ini.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Lakalantas di Sangihe: 8 Warga Meninggal, 58 Luka Berat, 79 Luka Ringan

Jumlah kasus kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di masa pandemi Covid-19 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data Satlantas Polres Sangihe selang Tahun 2020 hingga Oktober, tercatat sudah ada 104 kasus.

Kawangkoan Utara Perdana Terapkan STBM

MANADOPOST.ID--Guna mewujudkan masyarakat yang sehat, upaya terus dilakukan pemerintah kabupaten hingga di kecamatan dan desa. Hal itu terbukti dengan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang menjadi salah satu atensi pemerintah Kabupaten Minahasa.

Diapresiasi Tim Kedeputian Kantor Staf Presiden, Ini Kesiapan Polda Sulut Kawal Pilkada Serentak

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra memaparkan kesiapan Polda Sulut dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020. Kesiapan pengamanan tersebut dipaparkan Kapolda di hadapan Tim Kedeputian V Kantor Staf Presiden, yang melaksanakan kunjungan kerja di Polda Sulut, Kamis (3/12).

Kasus Covid Masih Bertambah, Ini Pesan Kapolda Panca Putra Hadapi Pilnataru

Polda Sulawesi Utara bersama TNI, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi, KPU, Bawaslu, Tokoh Agama dan PHRI, sepakat terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kapolda Sulut: Saya Harap Anda Betul-betul Siap!

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan tugas yang selama ini dilaksanakan oleh personel Polda Sulut dan seluruh jajaran.