32 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

Bawaslu Perjelas Masalah ‘Uang Transport’

MANADO—Bawaslu Sulut memperjelas mengenai aturan politik uang. Yang berkaitan dengan pemberian calon pada peserta kampanye. Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda mengatakan dalam aturan ada soal tindak pidana pemilihan.

“Yakni dilarang memberikan uang atau materi lainnya. Sebenarnya ada pengkhususan. Kalau dalam bentuk bahan kampanye, maka tidak masuk. Nah bahan kampanye banyak. Ada kaos dan lain-lain. Tapi maksimalnya seharga 60 ribu. Bagi Bawaslu kalau tak masuk bahan kampanye dalam PKPU 4 2017 diubah dalam PKPU 11 2020, 1 rupiah pun yang dikasih, politik uang,” tegas Malonda.

Di PKPU lanjut Malonda, menyebutkan di setiap pertemuan kampanye dapat diberikan biaya makan, minum, dan biaya transport tapi tidak dalam bentuk uang. “Besarannya sesuai standar daerah. Sekali lagi tidak dalam bentuk uang. Teman-teman KPU yang akan merumuskan besarannya,” jelasnya.

Lebih jauh diuraikan Malonda, makanan harus dalam bentuk makanan. Begitu juga minuman. “Lalu transport dalam bentuk apa? Silakan artikan. Paling penting tidak menyerahkan uang. Karena kalau menyerahkan uang masuk dalam pelanggaran,” tukasnya.

Ada ketentuan tindak pidana jika ditemui. “Kalau masif bisa dilaporkan hingga pembatalan calon,” kuncinya.

Diketahui sebelumnya salah satu komisioner KPU Sulut pada wartawan sempat salah menjelaskan mengenai masalah ini. Yang kemudian disebut komsioner KPU Sulut sebagai ‘uang transport’. Yang bisa diuangkan. Namun belakangan, dijelaskan jika hal tersebut keliru.(gel)

-

Artikel Terbaru

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

Wabup Sangihe: Olly-Steven Lanjutkan Periode Kedua

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong menyampaikan dukungan terbuka kepada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw pada Pilkada 9 Desember 2020.

Kawanua Prediksi Donald Trump Menang Lagi

MANADOPOST.ID—Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), ikut mendapat perhatian warga Sulawesi Utara (Sulut), yang saat ini bermukim di negeri Paman Sam.

KPK Bisa Ambil Alih Kasus

MANADOPOST.ID—Kasus-kasus yang mandek di lingkungan Polri dan Kejaksaan bisa diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.

Joshua/Vincen Diunggulkan Sabet Juara

MANADOPOST.ID—Siapa berhak menyegel titel juara badminton Manado Post Open 2020? Malam ini, segera terjawab di GOR Betania, Teling Manado. Delapan pasangan kategori A dan B (lihat grafis), bakal bertanding habis-habisan merebut tiket final guna ke podium juara.