25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

In Memoriam Sinyo Harry Sarundajang

Gubernur Sulut Pertama yang Dipilih Rakyat

MANADOPOST.ID–Prestasi gemilang selama di Depdagri dan keberhasilan mendamaikan konflik horisontal di Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku, nama Sinyo Sarundajang langsung dikenal di mana-mana. Apalagi di tanah kelahirannya.

Di saat memasuki usia pensiun, tahun 2005, Sinyo telah disurvei oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) sebagai calon Gubernur Sulawesi Utara yang paling populer. Mayoritas masyarakat Sulut menginginkan Sinyo kembali ke kampung halamannya.

Pada tanggal 21 Juli 2005, untuk pertama kali dalam sejarah di Indonesia dilakukan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur secara langsung oleh rakyat. Sulawesi Utara menjadi percontohan daerah pertama di Indonesia yang menggelar Pilsung.

Hampir 80 persen masyarakat memilih Sinyo sebagai Gubernur Sulut masa bhakti 2005 – 2010. Saat itu Sinyo berpasangan dengan Fredy Harry Sualang sebagai Wakil Gubernur. Hebatnya lagi, Sarundajang mengukir sejarah gubernur pertama di Indonesia yang dipilih langsung oleh rakyat.

Gubernur Sarundajang memprioritaskan lebih dahulu pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, Sarundajang memekarkan sejumlah wilayah. Pada tahun 2007, wilayah administrasi pemerintahan Sulawesi Utara bertambah 6 (enam) kabupaten/kota baru.

Yakni Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolmong Utara, dan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro. Pada 2008 ketambahan lagi 2 (dua) kabupaten baru yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Sejak saat itu, Provinsi Sulawesi Utara memiliki 11 (sebelas) kabupaten dan 4 (empat) kota.

Pemekaran tersebut, membuat pembangunan maju pesat sampai di pelosok desa.
Di periode pertama kepemimpinannya juga, saat itu Indonesia sementara dilanda krisis ekonomi.

Sejumlah provinsi tidak mampu bertahan. Hanya Sulawesi Utara yang mampu bertahan dari badai krismon yang melanda Indonesia bahkan negara-negara lain di Asia. Saat itu Sarundajang membuat cresprogram penanaman jagung dan berbagai iven internasional.

Melalui pemilihan langsung, untuk kedua kalinya Sarundajang terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Utara masa bakti 2010-2015. Saat itu Sarundajang didampingi Wakil Gubernur Dr Djouhari Kansil MPd. Tahun 2009 sampai 2010, Sarundajang juga sempat menjadi Pejabat Wali Kota Manado.(Tommy Waworundeng)

Artikel Terbaru