30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Sanksi JAK Ditentukan Pekan Ini

MANADOPOST.ID—Putusan DPRD pada kasus dugaan pelanggaran etik oknum pimpinan DPRD Sulut James Arthur Kojongian (JAK), diprediksi akan dibacakan pekan ini. Di rapat paripurna.

Hal ini menyusul dengan tuntasnya tahapan penyelidikan hingga klarifikasi di ranah Badan Kehormatan (BK), dengan lahirnya rekomendasi yang akan dibacakan dan diputuskan di paripurna. Hal ini disampaikan Ketua BK Sandra Rondonuwu pada Manado Post, pekan lalu.

“Jadi BK baru rampungkan rekomendasi. Tinggal menunggu jadwal paripurna untuk dibacakan dan diputuskan,” kata politikus PDI Perjuangan ini. Lebih jauh Saron menegaskan, rekomendasi BK belum bisa disampaikan pada publik.

“Dengar saja di paripurna. Rekomendasi itu dibacakan di paripurna,” tegasnya. Mengenai berita yang belakangan muncul kalau JAK diberi rekomendasi dipecat, Saron menegaskan jika rekomendasi yang diberikan BK disampaikan dan diputuskan di paripurna.

“Sidang paripurna adalah sidang tertinggi pengambilan keputusan. Sanksi apapun itu disampaikan dan diputuskan di paripurna,” tandasnya.

Diketahui BK sudah menggodok kasus JAK ini sejak dua pekan lalu. Setelah mendapat laporan masyarakat terkait video yang memperlihatkan JAK menyeret sang istri, Michaela Elsiana Paruntu dengan mobil. BK kemudian melakukan proses penyelidikan dan klarifikasi. BK sudah memanggil JAK, istrinya, serta tim ahli untuk memutuskan rekomendasi atas kasus ini.

Di sisi lain, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Fransiscus Andi Silangen pada wartawan, Senin (8/2) lalu mengungkapkan saat ini pihaknya memang tinggal menunggu rekomendasi BK. “Ya. Rekomendasi BK seperti apa, itu yang akan kita bawa ke paripurna,” ujar Silangen.

Menariknya, nasib JAK ini bisa berujung voting dari 44 legislator. “Kemungkinan besar diselesaikan di paripurna. (Apa bisa voting?) Bisa. Karena secara kelembagaan masyarakat bisa lihat langsung kinerja DPRD,” tandasnya.(gel)

Artikel Terbaru