28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

PAD Sulut Sentuh 214 Miliar

MANADOPOST.ID—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saat dihubungi koran ini, Rabu (14/4) kemarin, Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi capaian kinerja dan realisasi PAD pada triwulan I atau mulai Januari hingga Maret 2021.

“Triwulan I PAD kita itu mencapai angka 214.733.904.833 atau 18,5 persen. Dan rapat itu sekaligus evaluasi dilaksanakan hampir satu hari dari pagi hingga sore hari untuk melihat capaian target dan kinerja selang tiga bulan terakhir di tahun 2021. Evaluasi terkait capaian PAD sangat penting dilakukan guna mengetahui realisasi kinerja tim di lapangan,” tuturnya.

Kendati triwulan I ini capai target PAD, namun evaluasi menurut Atteng tetap dilakukan rutin. “Capaian PAD triwulan I lewati target. Tapi, tetap terus ditingkatkan. Ya saya mengharapkan bulan ini hingga seterusnya target PAD bisa terpenuhi. Terlebih didominasi oleh Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang mencapai 23 persen dari total pajak. Ya mudah-mudahan naik terus. Karena berdasarkan tren yang ada PKB mulai bagus. Ini patokan dari tahun 2018 hingga 2019,” imbuhnya.

Realisasi tahun yang lalu menurut Atteng mengalami penurunan yang sangat drastis akibat pandemi Covid-19.

“Kalau tahun lalu tak bisa dilihat karena pandemik. Kita juga akan gencar melakukan sosialisasi terkait digitalisasi yang mengantar ke sistem pembayaran non tunai. Ya saya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran, khususnya pejabat struktural.

Di mana, mereka sudah siap untuk dengan jabatan fungsion. Tadi (kemarin, Red) melihat pemaparan mereka sudah siap menerapkan jabatan fungsional. Kita sudah mulai dari sekarang ternyata mereka hebat-hebat, sudah tahu tupoksi masing-masing,” tutupnya. (ewa/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru