25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

RS Lapangan Covid-19 Segera Diresmikan, OD: Target Kita RS Ini Tak Diisi

MANADOPOST.ID—Penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus dilakukan pemerintah. Usai menyediakan rumah singgah dan terbitnya beberapa Surat Keputusan (SK) Rumah Sakit (RS) rujukan, kini RS Lapangan Covid-19 segera diresmikan.

Saat diwawancarai koran ini, Jumat (15/1) kemarin, Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) mengatakan, peresmian RS Lapangan Covid-19, dilakukan pekan depan. Bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI).

“Pekan depan diresmikan. Kepala BNPB dan Kementerian PUPR juga akan hadir,” tuturnya.
OD mengatakan, keberadaan RS Lapangan Covid-19 harus disyukuri semua elemen masyarakat di bumi Nyiur Melambai.

“Pemerintah pusat memang memperhatikan apa yang diajukan pemerintah daerah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Saya berdoa RS ini tidak digunakan, karena angka penularan bisa ditekan. Namun kita harus sedia payung sebelum hujan. Jadi jika RS rujukan semua telah penuh, maka akan kita alihkan perawatannya di RS Lapangan Covid-19 ini,” ujarnya.

OD menyampaikan, RS Lapangan Covid-19 sudah tuntas 100 persen dan siap untuk dioperasikan.

“Tenaga kesehatan, peralatan dan tenaga operasional lainnya sudah siap. Tinggal jalan saja. Tidak pakai lama. Bahkan makan minum untuk semua yang ada di RS Lapangan Covid-19 telah diatur. Sehingga, sudah tidak jadi masalah lagi. RS ini memang mengantisipasi jika ada lonjakan kasus. Namun setelah saya mengecek ke RS-RS rujukan, ternyata masih ada sekitar 30 persen kapasitas untuk merawat pasien Covid-19. Jadi semua aman,” bebernya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel juga membenarkan peresmian akan dilakukan pekan depan.

“Selasa pekan depan sudah akan diresmikan. Memang direncanakan Kepala BNPB akan resmikan, tapi kita akan melihat lagi bagaimana. Karena ada bencana di daerah Mamuju, yang mengharuskan Pak Doni Monardo ke sana. Yang pasti RS Lapangan Covid-19 sudah siap untuk diresmikan dan dioperasikan,” imbuhnya.

Dandel mengatakan, RS Lapangan Covid-19 siap untuk menampung 100 pasien Covid-19. “Kapasitasnya ada 100 bed, dan sudah ready. Ya mudah-mudahan RS ini tidak akan pernah dipakai. Karena kasus bisa ditekan. Yang pasti ini adalah upaya antisipasi yang dilakukan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dan jika ada info-info terkait apakah RS ini bertaraf internasional, saya pikir tidak ada istilah bertaraf internasional untuk RS Lapangan Covid-19,” tutupnya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru