29C
Manado
Sabtu, 6 Maret 2021

Sanksi Berat Nanti JAK, Hari Ini Dibacakan di Paripurna

MANADOPOST.ID—Apa sanksi atau rekomendasi Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Sulawesi Utara pada pimpinan DPRD James Arthur Kojongian (JAK) akan diketahui hari ini.

Sesuai dengan undangan yang diedarkan Sekretariat DPRD, agenda sidang paripurna pengumuman keputusan BK DPRD tentang hasil pemeriksaan dugaan pelanggaran sumpah dan janji dan kode etik DPRD.

“Paripurna akan dilaksanakan dengan memadukan kehadiran virtual dan fisik. dilaksanakan pukul 14.00 Wita,” beber Ketua DPRD Sulut dr Fransiscus Silangen SpB KBD.

Terpisah, Ketua BK DPRD Sulut Sandra Rondonuwu masih enggan menyampaikan apa putusan yang dijatuhkan BK pada politikus Partai Golkar tersebut. “Hasilnya seperti apa akan disampaikan di sidang paripurna,” tegas Rondonuwu.

Dia menekankan, proses yang dilakukan BK sudah berdasarkan aturan. “Kita telah lakukan penyelidikan hingga klarifikasi. Soal apa putusannya saya tak bisa beber sebelum dibacakan di paripurna,” tandasnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun, sanksi berat menanti JAK. Kemungkinan paling berat sesuai dengan Tata Tertib DPRD mulai dari usulan pemberhentian sementara hingga usulan pemberhentian sebagai anggota DPRD.

“Kemungkinan sanksi berat,” beber sumber. Lebih jauh sumber menyebut jika paripurna hari ini bukan sekadar membacakan rekomendasi BK. “Sesuai Tata Tertib DPRD pasal 60 ayat 2 menyebutkan sanksi dari Badan Kehormatan ditetapkan dengan keputusan Badan Kehormatan dan diumumkan dalam rapat paripurna,” ujarnya.

Kemudian jikapun sanksi pemberhentian dijatuhkan, maka sesuai Tata Tertib, DPRD wajib mempublikasikan.(gel)

Artikel Terbaru