25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Megaproyek Tuntas 2021, OD Segera Panggil Angkasa Pura Cs

MANADOPOST.ID—Usai dilantik Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), Senin (15/2) lalu, pasangan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) kembali ke tanah bumi Nyiur Melambai.

Pantauan koran ini kedatangan mereka disambut Forkopimda di VVIP Bandara Sam Ratulangi Manado, Selasa (16/2) kemarin. Termasuk semua pejabat eselon II Pemprov Sulut dan Bupati terpilih Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru.

Kegiatan penyambutan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Gubernur Olly didampingi istri Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan. Begitu juga dengan Wagub Steven Kandouw, didampingi istri dr Kartika Devi Kandouw-Tanos.

Gubernur Olly mengatakan, berbagai program strategis telah disiapkan untuk dilakukan beberapa waktu ke depan. Namun menurut OD, yang akan menjadi fokus saat ini bagaimana menuntaskan megaproyek yang sementara berjalan.

Seperti Tol Manado-Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan, Pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado, Waduk Kuwil, serta berbagai program strategis lainnya.

“Untuk infrastruktur akan kita pacu. Tahun ini harus bisa selesai. Contohnya pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado ini. Kita targetkan pada bulan Maret-April sudah bisa diresmikan,” tuturnya.

OD juga mengatakan, dirinya bakal memanggil semua pihak yang terkait dalam pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado. Seperti Angkasa Pura maupun Adikarya.

“Direktur yang melakukan pembangunan ini akan saya panggil. Baik dari pihak Angkasa Pura maupun Adikarya. Mereka itu besok (hari ini, Red) akan saya suruh datang ke sini untuk mengkoordinasikan terkait pembangunan Bandara Sam Ratulangi Manado. Jadi harus tuntas semua megaproyek di Sulut pada tahun ini. Karena Pak Presiden Jokowi yang akan berkunjung dan melakukan peresmian berbagai megaproyek di Sulut ini,” sebutnya.

Setelah pembangunan megaproyek yang saat ini berjalan, telah tuntas dikerjakan, OD memastikan akan ada lagi megaproyek di Sulut.

“Seperti Tol Manado-Amurang atau tol tiga daerah. Itu adalah megaproyek baru yang akan masuk Sulut. Sudah disetujui pemerintah pusat. Sudah akan langsung mulai. Itu jadi megaproyek terbesar di Provinsi Sulut. Karena anggarannya bukan main-main menyentuh 7-8 triliun untuk investasi Tol Manado-Amurang tersebut. Kita berharap masyarakat mendukung penuh program pekerjaan ini,” katanya.

Sementara itu, Pakar Pemerintahan Dr Novie Pioh menilai bahwa, posisi kedekatan antara Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan pemerintah pusat, memberikan banyak keuntungan bagi daerah.

“Yang saat ini harus kita akui, adalah OD merupakan gubernur yang paling akrab dengan Pemerintah Pusat. Apa yang diminta, bisa langsung dikaji pusat. Jika ingin berkoordinasi, tidak perlu ribet. Bahkan menteri silih berganti datang ke Sulut ini. Kita harus akui bahwa, Sulut sangat beruntung memiliki gubernur seperti OD.

Tidak ada figur Sulut, yang sekuat itu. Karena itu, saya rasa megaproyek baru yang akan masuk Sulut, merupakan hal yang sangat nyata. Karena bisa dilihat dengan capaian-capaian infrastruktur yang telah diwujudkan OD di periode pertama,” kuncinya. (gel)

Artikel Terbaru