31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Karena Acara Syukuran, Muncul Kluster Keluarga di Tomohon

MANADOPOST.ID—Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kini tengah memberi perhatian khusus bagi kluster Covid-19 dalam lingkup keluarga. Salah satu bukti nyata yang berakibat fatal terjadi di Kota Tomohon.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel mengatakan, terdapat satu orang yang meninggal karena terjangkit Covid-19, dalam sebuah kluster keluarga di Tomohon. Kemudian setelah dilakukan tes swab, ternyata terdapat tambahan kasus lainnya dari yang bersangkutan.

“Dilakukan tracking dan testing terhadap semua Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT) dari yang bersangkutan. Dari hasil testing ini ditemukan tambahan 14 kasus positif,” ujar dia dalam siaran pers, Jumat (16/10).

Saat ditanyakan lebih lanjut terkait kluster keluarga ini, Dandel membeber terjadi di Tomohon, karena adanya acara syukuran. “(Karena) Acara syukuran,” tandasnya seraya menambahkan investigasi lanjutan dari kluster ini akan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Tomohon.

Oleh sebab itu, kata Dandel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan warga Sulut dari kluster keluarga. Pertama sebagian besar kasus kluster keluarga terjadi karena ketidakdisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan dan selalu berasumsi anggota keluarga sudah aman dan tidak mungkin menjangkit.

“Kluster keluarga ini juga terjadi karena adanya acara-acara sosial dalam keluarga yang mengundang kerumunan tanpa adanya disiplin (protokol kesehatan) ketat,” tukas Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Sulut itu.

“Masyarakat harus lebih disiplin lagi dan tidak menganggap remeh keberadaan penjangkitan dalam keluarga. Akibat dari kelalaian kita, bukan tidak mungkin orang yang kita sayangi dalam keluarga akan menjadi korban,” tambah Dandel.(cw-01/gel)

-

Artikel Terbaru

Demi Bolsel, Iskandar-Deddy Ubah Lawan Jadi Teman

MANADOPOST.ID—Pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) kian menarik saja. Sebab hampir dipastikan seluruh elemen masyarakat pesisir selatan BMR ini, mendukung

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.