25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

OD: Sulut Segera Punya Perda Covid-19

MANADOPOST.ID—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) terus menyeriusi penanganan pandemi Covid-19. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) melakukan tatap muka dengan Forkopimda Sulut.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur OD menyampaikan beberapa poin penting terkait penanganan Covid-19. Diantaranya tentang penyaluran vaksin di Sulut. Orang nomor satu di bumi Nyiur Melambai ini menjelaskan, Sulut menjadi salah satu prioritas penyaluran vaksin dari pemerintah pusat. Karena Sulut menjadi salah satu tujuan pariwisata yang dapat mendongkrak perekonomian.

“Untuk vaksin, kita akan koordinasi lagi karena memang dengan alasannya pariwisata kita selalu mendapatkan prioritas. Termasuk vaksin buat Sulut lebih cepat dari daerah lain kita dapat. Sehingga ini menjadi catatan pak presiden, fokus membuka koridor pariwisata. Pemerintah pusat memberikan keistimewaan bagi Provinsi Sulut dalam program vaksinasi. Karena itu, koordinasi kita di daerah sangat penting terus terjalin. Agar program vaksinasi bisa sukses,” imbuhnya.

OD juga berbicara tentang Perda Covid-19 yang hampir selesai dibahas di DPRD provinsi sehingga peraturan terkait Covid-19 dapat diterapkan kepada masyarakat.

“Sulut segera punya Perda Covid-19. DPRD hampir selesai pembahasan, tinggal ada revisi sedikit. Minggu depan saya rasa sudah akan disahkan. Berbagai langkah termasuk regulasi harus kita siapkan. Agar penanganan pandemi Covid-19 di Sulut semakin maksimal,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, OD meminta masukan terkait alat penunjang dalam penanganan Covid-19 termasuk operasional di lapangan agar anggaran Covid-19 tepat sasaran. “Kita sudah refocusing, total kita dapat 900 miliar sekian. Ini program kita kedepan perlu masukan. Berapa besar untuk beli alat penunjang prokes dan lain-lain termasuk operasional di lapangan selama beberapa bulan yang harus kita tangani,” terangnya.

Lebih jauh, OD mengharapkan aparat keamanan, agar rencana operasional lapangan dapat disampaikan kepada Pemprov Sulut. Sehingga percepatan penanganan Covid-19 bisa berjalan dengan optimal.

“Saya sudah sampaikan ke Pak Kapolda serta Pangdam agar semua program dilakukan dalam penanganan pandemi Covid-19 seirama. Karena banyak saat ini koordinasi dan komunikasi Pemprov dan Forkopimda berjalan sangat baik. Saya tetap berharap itu terus terjaga,” tutupnya. (ewa/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru