28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Terkait JAK, Ketua DPRD Siap Sambut Penolakan Golkar

MANADOPOST.ID—Jika Partai Golkar ‘memaafkan’ James Arthur Kojongian (JAK) dengan pasang badan menolak putusan paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Utara terkait pencopotan dan pemberhentian, lain halnya dengan DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Lembaga terhormat ini tidak goyah. Bahkan siap menerima penolakan Partai Golkar. “Pemimpin itu adalah teladan,” ujar Ketua DPRD Sulut dr Fransiscus Silangen, pada wartawan, menanggapi sikap Partai Golkar pada kader mereka. “Biarkan masyarakat yang menilai,” tukasnya.

Menurut Silangen, sikap Golkar sah-sah saja. “Itu hak mereka menyurat ke DPRD. Kita kan di negara hukum, jadi mereka punya hak. Tapi juga lembaga ini mengeluarkan putusan berdasarkan hukum yang berlaku. DPRD merupakan lembaga yang punya kewenangan. Kalau mereka ingin memberikan tanggapan lewat sanggahan dipersilakan,” tegas wakil rakyat dapil Nusa Utara ini. Menurut Silangen, DPRD sudah menjalankan fungsi dengan baik.

“Seseorang yang menjadi anggota DPRD terhormat melanggar sumpah dan kode etik. Sumpah itukan, saya akan melaksanakan tugas saya dengan sebaik-baiknya. Berarti sebaik-baiknya menjaga harkat dan martabat kita sebagai anggota dewan yang terhormat,” urainya.

Jadi ditekankan Silangen, keputusan DPRD terkait pencopotan JAK dari kursi pimpinan DPRD dan usulan pemberhetian sebagai anggota dewan sudah sangat bijaksana.

“Keputusan DPRD itu sudah bijaksana sekali. Itu dua poin yang saling berkaitan. Sekarang kita tinggal surat dari Kemendagri, karena kita juga sudah menyurat ke sana,” tukasnya. Diakui Silangen, sampai sekarang belum ada balasan.

“Menurut Karo Pemerintahan masih berproses. Tapi kalau Golkar ingin menyatakan sikap itu memang hak mereka. Nanti masyarakat juga akan menilai, mereka membela sesuatu yang mereka rasa benar, masyarakat yang menilai sikap itu benar atau salah,” tandas Silangen.

Sementara DPD I Partai Golkar masih enggan memberi konfirmasi terkait hal ini. Namun informasi yang beredar, hasil pleno tersebut akan segera dikirimkan ke DPP Partai Golkar serta DPRD dalam waktu dekat. Jikapun DPRD kekeh mempertahankan hasil paripurna, kabarnya Golkar akan melayangkan gugatan.(gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru