33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Sasar Sangihe, Pemprov Lakukan Pelayanan Kesehatan

MANADOPOST.ID—Guna menjamin terlaksananya pelayanan kesehatan (Yankes) di semua pelosok di tanah bumi Nyiur Melambai, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kesehatan Daerah menyasar beberapa pulau di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Saat dikonfirmasi koran ini, Kamis (18/3) kemarin, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sulut dr Debie Kalalo membenarkan adanya Yankes tersebut.

“Jadi tim pelayanan bergerak Dinas Kesehatan Daerah Sulut dan dokter spesialis serta RS Mata Provinsi Sulut akan melaksanakan Pelayanan Kesehatan di pulau Kahakitang Kabupaten Sangihe sejak Rabu kemarin, sampai Sabtu. Adapun kegiatan ini merupakan bentuk intervensi langsung pelayanan kesehatan untuk menjangkau masyarakat di daerah terpencil dan perbatasan di Provinsi Sulut sesuai visi dan misi Pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Pak Wakil Gubernur Steven Kandouw dan di dukung oleh Kemenkes RI,” ungkapnya.

Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) menurut Kalalo, akan melakukan edukasi dan pelayanan langsung kepada masyarakat yang sulit mengakses pelayanan kesehatan spesialistik langsung dimasa pandemik Covid-19.

“Pelayanan kesehatan yang akan dilaksanakan bersama dgn tim dari Dinkes Kabupaten Sangihe terdiri dari, pelayanan kesehatan umum dan screening PTM, pelayanan kesehatan ibu hamil dan bayi Balita, pelayanan kesehatan oleh dokter spesialis bedah serta pelayanan kesehatan mata dan pemberian kaca mata untuk Lansia,” imbuhnya.

Tim PKB juga melakukan edukasi dan Prokes untuk pemutusan mata rantai penularan Covid-19 dengan protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Juga tim melakukan penguatan lintas sektor untuk semua program kesehatan. Yang pasti keinginan pak gubernur, semua masyarakat termasuk yang berada di pulau, harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Dan ini adalah bukti nyata dari perhatian Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw,” tutupnya. (ewa/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru