32 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Pemilih Sulut `Hilang` 75.974

MANADOPOST.ID—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (18/10) kemarin menggelar pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan gubernur Sulut tahun 2020 yang dipimpin Ketua KPU Ardiles Mewoh.

Di mana total pemilih 1.831.867. Jika menilik jumlah DPT pada pemilu 2019 lalu sebanyak 1.907.841, maka Sulut kehilangan 75.974. Komisioner KPU Sulut Lanny Ointoe pada wartawan mengatakan, dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diplenokan beberapa waktu lalu, terjadi ketambahan 3.000-an pemilih di DPT.

“Begitu juga jumlah TPS. Karena ada penambahan di TPS Lapas. Jadi TPS bertambah 2 di seluruh Sulut. Di Kabupaten Sangihe dan Minahasa Selatan. Dulu saat penetapan DPS total TPS 5.807 sekarang bertambah 2 jadi 5.809 TPS,” urainya.

Dalam pleno ini dia menambahkan, Bawaslu tidak memberikan rekomendasi apapun. Hanya beberapa catatan-catatan kecil saja.

“Memang masih banyak data masyarakat belum memiliki dokumen kependudukan dan sudah disampaikan langsung kepada Capil sebagai stakeholder yang hadir. Ada juga beberapa catatan dari tim kampanye khususnya paslon nomor tiga menanyakan terkait jika masih ada pemilih belum terdaftar bagaimana perlakuannya. Tentunya mereka akan tetap diakomodir dalam DPTb. Atau jika ada masyarakat pidah memilih,” jelasnya, sembari bersyukur karena bisa menetapkan DPT dengan lancar tanpa ada masalah apapun.

“Memang kami sudah menerima rekomendasi Bawaslu jauh hari sebelumnya. Pascapenetapan DPS kami menerima beberapa rekomendasi dari Bawaslu terkait data ganda, NIK tidak ada, pemilih di bawah 17 tahun, pemilih di atas 70 tahun, itu sudah kami selesaikan. Kami lakukan pencermatan bersama Bawaslu. Baik PPK, Panwascam, maupun di tingkat kelurahan PPS dan PKD,” tuturnya.

Menurut Ointoe, masalah-masalah tersebut diselesaikan sama-sama. “Kami langsung turun ke lapangan dan itu  sudah selesai melakukan pencermatan detail secara bersama-sama. Sehingga hasil hari ini tidak ada yang menjadi catatan dari Bawaslu,” kuncinya.

Di sisi lain, anggota Bawaslu Sulut Kenly Poluan mengatakan pihaknya mengapresiasi KPU Sulut dan kabupaten/kota dengan terselenggaranya rekap tingkat provinsi. “Kami memberi semacam catatan. Masih ada pekerjaan rumah dari beberapa hal terkait pemilih yang belum memenuhi syarat masuk DPT. Kami meminta KPU dan semua pihak terkait dengan admimistrasi kependudukan ditindaklanjuti,” tuturnya.

Karena, kata Poluan, salah satu pekerjaan dari penyelenggara adalah pemenuhan hak pilih negara. “Jadi kalau misalnya menemukan kendala masuk dalam daftar pemilih, harus dipenuhi hak-hak mereka. Baik dari KPU, Bawaslu, terutama Dukcapil. Karena paling banyak tak masuk DPT adalah karena mereka tak memiliki dokumen kependudukan,” urainya.

Lebih jauh dia mengatakan, Bawaslu juga memberi saran terkait pemilih di Lapas. Beberapa ditemukan warga Sulut mengalami masalah hak pilihnya di Lapas. Termasuk antisipasi melalui mekanisme koordinasi dengan Menkumham. Agar tak terjadi distribusi warga Lapas atau tahanan.

“Karena itu akan mempengaruhi surat suara. Misalnya warga binaan yang masuk lebih banyak daripada keluar. Ini harus diantisipasi. Kami sudah minta Menkumham upgrade warga binaan dan membatasi lapas atau rutan setidaknya dua minggu sebelum 9 Desember,” tukasnya.

Selanjutnya Poluan menyinggung mengenai pemilih ganda antar kabupaten/kota. “Tadi disetujui perlakuannya bisa dilakukan seperti pemilih meninggal dunia atau pindah daerah. Jadi langsung dihapus atau dihilangkan,” kuncinya.(gel)

DAFTAR PEMILIH TETAP  PROVINSI SULUT TAHUN 2020:

Kabupaten/Kota       Jumlah TPS              Jumlah Pemilih (L+P)

Manado                  979                        328.539

Bitung                     583                        145.402

Tomohon                220                        73.633

Minsel                     513                        160.908

Minut                      476                        151.147

Boltim                    207                        53.711

Bolsel                     150                        47.383

Sitaro                     188                        52.719

Sangihe                   343                        106.168

Talaud                    211                        69.432

Bolmut                             171                        57.671

Bolmong                 514                        166.144

Kotamobagu            288                        85.639

Mitra                      280                        85.377

Minahasa                686                        248.003

Total:                     5.809                     1.831.867

*Sumber: Hasil Rekapitulasi KPU Provinsi Sulut (A.3.2-KWK)

-

Artikel Terbaru

Oktober, Neraca Perdagangan Sulut Surplus 563,9 Miliar

MANADOPOST.ID—Hingga Oktober tahun ini, Sulawesi Utara (Sulut) masih tetap konsisten menjaga kestabilan neraca perdagangan. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Rabu (2/12) lalu

Desa Wisata Candirejo Borobudur Tawarkan Sensasi Budaya Jawa

Salah satu desa wisata tradisional yang terkenal #DiIndonesiaAja adalah Desa Penglipuran, Bali. Nah, selain itu, masih banyak desa wisata tradisional lain, termasuk yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Kios UMKM Sediakan Beragam Kue Natal

MANADOPOST.ID— Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari kue natal, Kios UMKM menjadi pilihan yang tepat.

Desa Wisata Penglipuran Batasi Kapasitas Pengunjung Hingga 50%

Selalu ada hal menarik untuk diceritakan mengenai Pulau Dewata Bali, salah satunya adalah Desa Penglipuran yang terletak di Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli, Bali.

Umat Muslim Manado: Terima Kasih Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Masih dalam rangkaian Maulid Nabi Muhammad SAW, relawan Bravo New pasangan calon (Paslon) Pilkada Sulut, Olly Dondokambey-Steven Kandouw