26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

OD-SK Segera Terima `Tiket` Pelantikan

MANADOPOST.ID—Penetapan calon terpilih di pemilihan gubernur, tertunda. Sebelumnya dijadwalkan hari ini. Namun diungkapkan Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, terjadi penundaan karena pihaknya masih menunggu berkas administrasi dari KPU RI.

“Sebelum dilakukan pleno penetapan, harus ada surat dari KPU RI yang meneruskan pemberitahuan resmi Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perkara yang diregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Khusus pilgub kan tak ada gugatan,” jelas Saelangi.

Menurutnya, surat ini sangat penting karena bakal menjadi patokan penetapan gubernur dan wakil gubernur.

“Suratnya sedang kita tunggu. Hari ini atau esok. Tapi kalaupun diterima hari ini agak mepet waktunya untuk mengundang calon terpilih. Jadi jika suratnya tiba di sini hari ini atau esok pagi, pleno penetapan bisa kita gelar esok harinya,” kata Saelangi, kemarin.

Dia memastikan, penetapan tidak akan melewati 21 Januari 2021. “Penetapan bisa gelar Kamis nanti,” tukasnya.

Di samping itu, Salman juga menekankan, pelaksanaan pleno nanti tetap akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita lakukan pembatasan pada peserta yang hadir. Hanya pihak-pihak tertentu yang diundang. Selain pasangan calon, kita juga akan menghadirkan Forkompinda tentu dengan catatan hanya satu orang.

Ada juga ketua DPRD provinsi yang kita undang karena beliau akan menerima berita acara untuk nanti menjadi salah satu syarat pengusulan pelantikan,” tambahnya. Diketahui, peraih suara terbanyak dalam pilkada 9 Desember lalu khusus pilgub adalah Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK).

Lebih jauh Saelangi mengatakan, tidak semua daerah peserta pilkada serentak akan mengikuti penetapan calon terpilih. Karena ada dua daerah bersengketa di MK. Yakni Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) dan Kota Manado. “Untuk Pilkada Boltim dan Manado bisa ditunda,” tandasnya.(gel)

Artikel Terbaru

Penyebar Foto ETLE Bisa Digugat

CS-WL Gercep Sinkronkan Program Kerja

JG Siapkan Pergeseran Anggaran