30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Pemprov Beri 1 Miliar, Suplai Bantuan Bencana

MANADOPOST.ID—Pada awal tahun 2021 ini, sejumlah provinsi di Indonesia, dilanda bencana alam. Mulai dari Gempa Bumi di Sulawesi Barat (Sulbar), banjir di Kalimantan Selatan serta banjir dan tanah longsor di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dengan aksi kemanusiaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, menggelontorkan 1 miliar untuk membantu korban bencana alam di Sulbar.

Selain bantuan Natura, Pemprov Sulut juga mengirimkan tenaga relawan tagana dari Dinas Sosial dan BPBD Sulut.

“Bahan Natura sudah dikirim hari ini (kemarin, Red) kepada korban bencana gempa bumi di Sulbar. Tadi bahan Naturanya sudah diangkut kapal Bakamla. Disamping itu bantuan uang tunai 1 milliar dari Pak Gubernur Olly untuk Pemprov Sulbar. Ini merupakan aksi kemanusiaan yang memang harus dilakukan,” ungkap Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Senin (18/1).

Selain mengirimkan bantuan untuk Sulbar, Kandouw memastikan, saat ini pihaknya tengah fokus penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak bencana alam di Sulut.

“Untuk Sulut juga sudah kita salurkan dari beberapa hari yang lalu, dan saat ini sementara berlangsung. Kita sangat siap jika diperlukan. Orang yang jauh saja kita bantu, apalagi keluarga kita di Provinsi Sulut ini. Kita memprioritaskan masyarakat kita,” ungkapnya.

Penyaluran bantuan untuk masyarakat Kota Manado dan sekitarnya, telah dilakukan melalui tim BPBD dan Dinas Sosial sejak Sabtu pekan lalu.

“Sudah disalurkan bantuannya. Mulai dari makanan siap saji, beras, mie instan, minyak goreng, ikan kaleng, makanan anak, peralatan makan, peralatan dapur, perlengkapan bayi dan anak. Itu diberikan ke beberapa lokasi terdampak bencana diantaranya Kelurahan Karame, Perkamil, Dendengan Dalam, Malalayang 1 Barat, Tiwungen Selatan dan wilayah lainnya,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru