29C
Manado
Sabtu, 6 Maret 2021

Tak Ada Gugatan, Bawaslu Puji KPU Sulut

MANADOPOST.ID—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut. Karena hasil pilgub kali ini tak berbuah sengketa proses. Ini dipaparkan Ketua Herwyn Malonda, di sela media gathering bersama KPU Sulut, Selasa (19/1), kemarin.

“Sengketa proses tak ada. Berarti merasa tak ada masalah dan tak ada yang merasa keberatan. Termasuk TSM juga tak ada,” beber Malonda.

Dia menjelaskan, dalam Undang-undang (UU) Pilkada, ada sengketa proses dan sengketa hasil, serta penanganan pelanggaran. Terkait sengketa, di Bawaslu itu ada dua. Bawaslu bertindak selaku mediator dan ayudikator.

“Itu di sengketa proses. Sengketa hasil Bawaslu hanya berikan keterangan,” terangnya. Terkait sengketa proses, lanjutnya UU Pemilu jelas mengatakan ada proses mediasi. Kalau tak sepakat, akan lanjut ayudikasi.

“Nah, di sengketa proses ada dua. Yakni antar peserta pemilihan dengan KPU selaku penyelenggara. Kemudian yang kedua antara sesama peserta pemilihan. Saya apresiasi KPU bahwa tak ada keberatan di proses sengketanya. Itu ukurannya. Baik di tingkat provinsi maupun kab/kota. Karena semua calon lolos. Termasuk objek sengketa yang kami keluarkan melalui keputusan berita acara,” ungkapnya.

Dimisalkannya, jadwal kampanye tak ada keberatan. Itu menurutnya, indikatornya baik. Kemudian sengketa antar sesama peserta pemilihan yang merasa keberatan, itu juga tak ada.

“Ini uniknya penyelenggaraan Pilkada 2020 di Sulut. Walaupun kami telah membuka ruang yang ingin mengajukan keberatan, tapi tak ada gugatan sengketa proses di Bawaslu. Jadi mulai dari bakal pasangan calon, penetapan calon sampai di kampanye, itu tak ada gugatan sengketa proses. Tapi, potensinya sudah ada sebenarnya,” kuncinya.(gel)

Artikel Terbaru