25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Tingkatkan Kewaspadaan Bencana

MANADOPOST.ID—Hujan dengan intensitas sedang dan lebat akhir-akhir ini masih melanda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Karena itu, 15 kabupaten/kota dimintakan untuk meningkatkan kewaspadaan bencana. Baik bencana alam banjir maupun tanah longsor.

Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Jumat (19/2) kemarin saat ditemui via WhatsApp. Kandouw juga mengatakan bahwa, instansi terkait harus tetap stand by dilokasi rawan bencana alam.

“Bukan hanya karena sedang cuaca ekstrem, mereka harus waspada. Tetapi harus dilakukan setiap hari. Kepala daerah serta Pelaksana tugas harian (Plh) harus proaktif dalam melindungi rakyat dari bencana alam.

Tingkatkan kewaspadaan bencana semaksimal mungkin. Kalau perlu sampai-sampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam kewaspadaan bencana. Semua alat-alat harus diperiksa dalam kondisi yang baik. Kalau bisa setiap hari pantau lokasi-lokasi rawan bencana,” ungkapnya.

Kandouw mengatakan, setiap pemerintah daerah harus memiliki peta kerawanan bencana alam. “Peta kerawanan itu sangat penting. Misalnya di Kota Manado kecamatan mana saja yang rawan banjir dan longsor.

Sehingga alat-alat kewaspadaan bencana bisa disiagakan disana. Begitu juga dengan di Kabupaten Kepulauan Sitaro, ada gunung berapi yang selalu aktif, alat-alat kewaspadaan juga harus tepat manfaat dan stand by. Jika OPD proaktif, maka hal-hal diatas bisa diantisipasi sedini mungkin,” tutupnya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru