31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Dr Pasiak: Dampak Psikologis Covid-19 Lebih Berbahaya

MANADOPOST.ID- Akademisi dan Ahli Neurosaintis Indonesia Dr dr Taufiq Pasiak MKes MPd, menyoroti dampak psikologis yang timbul di tengah masyarakat terkait Pandemi Covid-19. Orang yang belum terkonfirmasi positif Covid-19 sudah distigmakan sebagai penderita virus tersebut karena sebelumnya diberitakan punya indikasi terjangkit.

Dia mencontohkan kasus menimpa salah satu komisioner KPU di Mitra. Meninggal saat berstatus PDP karena memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah dan bergejala terjangkit virus sehingga dikuburkan dengan protap Covid-19. Keluarga yang merasakan stigma.

Pun dengan kasus di Bitung, pasien suspect perjalanan tetapi setelah pemeriksaan berikut negatif. Saat dijemput dia restitensi. Akhirnya keluarga yang menjadi korban. “Mayoritas masyarakat merasa orang yang kontak dengan mereka sebagai orang yang positif. Itu impactnya sudah menyasar kehidupan sosial. Inilah yang menjadi ranah sejawat dokter di RS,” tuturnya, saat Diskusi Virtual Mitigasi Covid-19 Manado Post, sesi 1 dengan tema ‘Sampai Kapan Pandemi Covid-19 di Sulut’, Senin (20/4).

Meki begitu, ketika bicara psikologis, kata dia semua harus terlibat. Pasalnya, kepanikan justru semakin memperburuk keadaan. Fenimena panic buying muncul. Ini yang berbahaya. Serangan-serang yang mengganggu secara mental dirasakan masyarakat.

“Marak pembullyan. Kita harus memberikan fokus ke masyarakat. Bagi saya, dokter bukan garda depan karena tinggal menangani kasus yang sudah ada. Yang garda depan itu masyarakat karena langsung head to head dengan penyakit,” tuturnya.

Rumah ibadah, dinilainya efektif menjadi tempat isolai ODP. “Masyarakat kita harus aware. Ini tugas semua pihak. Rumah singgah itu bisa rumah ibadah. Karena kalau hanya di rumah pribadi itu kecil. Tidak ada sekat. Tapi di rumah ibadah, itu lebih kuat secara mental,” ungkapnya.

Dia menyebut masalah psikologis yang menghasilkan konflik horisontal harus dituntakan. Di kalangan medis, baginya tidak ada masalah. Yang dikhawatirkan itu di masyarakat.

“Kita belajar dari pandemic lain yang sebelumnya hadir di negara-negara maju. Terjadi stigma negatif terhadap penderita padahal itu bukan dosa,” tuturnya.

Diketahui, diskusi yang diarahkan Dirut Manado Post Suhendro Boroma dan Pemred MP Tommy Waworundeng ini, menghadirkan beberapa narasumber.

Yakni Ketua IDI Sulut Dr Fanky Maramis MKes PKK SpKT, Dokter Senior Ahli Penyakit Dalam di RS Bethesda Tomohon Dr Paulus Novian Harijanto Sp.PD-KPTI FINASIM, Akademisi dan Ahli Neurosaintis Indonesia Dr dr Taufiq Pasiak MKes MPd, Prof Dosen FMIPA Unsrat Dr Trina Tallei, Akademisi/Dosen Unika De La Salle Dr Valentino Lumowa, Dosen FKM Unsrat Dr dr Grace Esther Caroline Korompis MHSM, Koordinator Wilayah Ikatan Geograf Indonesia Sulawesi Utara Agus Santoso Budiharso, dan Sekum BPMS GMIM Evert Tangel.(Jendry Dahar)

-

Artikel Terbaru

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.