29 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

Kritisi APBD 2021, FPG `Garang`

MANADOPOST.ID—Dalam rapat paripurna dengan agenda mendengarkan penjelasan Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni terhadap RAPBD 2021, Fraksi Partai Golkar (FPG) melayangkan pernyataan kritis.

Jurubicara FPG Cindy Wurangian membeber sembilan catatan kritis pada rumusan APBD 2021 tersebut. ”Sulut nimbole bagini terus. Sulut harus bangkit dari keterpurukan,” kata Ketua Komisi II ini.

Sejumlah catatan kritis yang diuraikan legislator dapil Minut-Bitung ini di antaranya FPG mengharapkan eksekutif menyerahkan materi Ranperda lebih awal. Agar seluruh fraksi dapat mempelajari sehingga mampu memberikan sumbangsih, ide-ide, dan pemikiran yang matang, komprehensif dan integral demi kemajuan Sulut.

Selanjutnya, FPG mengingatkan eksekutif terkait postur APBD 2021. Harus lebih banyak menyentuh dan berpihak kepada masyarakat.

Karena sudah saatnya anggaran-anggaran yang sifatnya rutinitas apalagi seremonial, yang tidak memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dialihkan menjadi program dan kegiatan yang bisa menjawab jeritan tagis masyarakat sulawesi utara. FPG pun mencatat alokasi anggaran untuk bidang kesehatan cukup signifikan, yaitu sebesar Rp 460 miliar lebih. “Harus dibarengi pelayanan optimal,” tukasnya.

Catatan lain yang disampaikan FPG adalah kelapa, pala, cengkih, ternak babi, ikan adalah hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang mempunyai jasa begitu besar terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat sulut sejak dulu kala.

“Pemprov Sulut tidak boleh menyerah. Tidak boleh berhenti berjuang mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi,” katanya.

FPG juga memandang Pemprov perlu memberikan bantuan-bantuan kepada para petani, peternak, nelayan, dan pelaku UMKM.

“Begitu banyak produk dari luar yang dengan mudah masuk ke pasar Sulut. sementara itu, produk-produk asli kita masih sering mendapat kendala untuk dipasarkan di luar Sulut, sekalipun masih dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. FPG mengingatkan pemerintah untuk dapat menseriusi, mencarikan solusi terhadap hal ini dan ini harus tergambar dan terukur dalam postur APBD 2021,” tegas wakil rakyat daerah pemilihan Kota Bitung itu.

FPG menyinggung bidang pendidikan yang mendapatkan alokasi sebesar Rp1,4 triliun lebih. Mereka memandang perlu untuk di anggaran tahun 2021 peralatan-perlatan yang seimbang dengan kemajuan teknologi dunia diberikan kepada sekolah-sekolah sehingga proses belajar mengajar, baik secara fisik maupun virtual bisa membawa manfaat optimal.

Kesembilan, Cindy mengingatkan rapat paripurna di bulan November tahun 2014, dimana saat itu FPG menyikapi dinamika pembahasan anggaran untuk ada feasibility study persiapan Kawasan Ekonomi Khusus di kota Bitung.

“Fraksi kami kala itu mengangkat filosofi Tionghoa yang berbunyi jika uang kecil tidak keluar maka uang besar tidak masuk. Menimba hikmah filosofi tersebut, FPG memberikan dukungan penuh terhadap pengalokasian anggaran secara maksimal yang sejalan dengan peraturan perundang-undangan untuk menunjang komitmen pemerintah provinsi dalam menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang di kawasan Asia Pasifik,” tutup Cindy.(gel)

-

Artikel Terbaru

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango membenarkan pihaknya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

AHY Hadiri Media Gathering, Lombok Dapat Ucapan Spesial

Ketua Umum Partai Demokrat Sulut Agus Harimurti Yudhoyono kunjungi Kota Manado.

Gokil! BLACKPINK Joget Ampun Bang Jago

Apa jadinya Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa joget dengan lagu Ampun Bang Jago? Eits, bukan hoax! Aksi keempat member BLACKPINK tersebut benar nyata terjadi. Ini terlihat lewat potongan klip singkat yang diunggah di akun Instagram Tokopedia kemarin (24/11).

Bersama Mor-HJP, Bahagia Warga Manado

Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 3 Mor Dominus Bastiaan-Hanny Jost Pajouw (Mor-HJP) berkomitmen menjadi orang yang paling melayani di Kota Doa dan Berkat.

Foto Simulasi Pencoblosan JPAR-Ai Sarat Rekayasa & Hoax

Wakil Ketua DPD Nasdem Kota Manado Arthur Rahasia secara tegas mengatakan, foto simulasi tatacara pencoblosan kertas suara yang dilakukan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) pada sesi closing statement acara debat publik yang dilaksanakan KPUD Kota Manado Selasa (24/11) malam yang beredar luas di publik adalah hoax dan sarat dengan rekayasa politik semata.