25 C
Manado
Kamis, 6 Agustus 2020

Inspektorat Kawal Anggaran Covid-19

MANADOPOST.ID–Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bakal mengawal penggunaan anggaran dalam penanganan Inspektorat pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Daerah Provinsi Sulut Meiki Onibala, belum lama ini. Onibala mengatakan, keterlibatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) merupakan tanggung jawab dalam mensukseskan semua program tersebut.

“APIP baik Pemprov dan kabupaten/kota akan melakukan pendampingan dalam pengunaan anggaran Covid- 19. Itu akan dilakukan oleh perangkat daerah yang diberi tanggung jawab oleh masing-masing kepala daerah. Itu kita lakukan agar penanganan Covid- 19 ini maksimal. Karena memang anggaran ini sangat penting dalam melakukan penanganan,” ungkapnya.

Onibala juga mengatakan, pengawasan tersebut bukan hanya dilakukan APIP semata. Namun jika ikut pihak Kejaksaan dan Polda.

“Ini merupakan arahan Pak Gubemur Olly Dondokambey, agar supaya semua anggaran yang dialokasikan baik dari Pemprov dan 15 kabupaten/ kota dapat digunakan sesuai ketentuan yang berlaku. Karena pergeseran anggaran sudah dilakukan, dengan rincian yang jelas dari masing-masing pemerintah daerah. Itu yang akan kita semua kawal,” imbuhnya.

Pengawasan dibeberkan Onibala, bakal dilakukan secara profesional dan ketat “Kapasitas APIP Pemprov Sulut itu itu sudah diupgrade. Semua memiliki kompetensi dan kualitas dalam pengawasan dan pemeriksaan anggaran. Tidak ada juga APIP Pemprov Sulut yang bermental main mata. Semua telah profesional. Karena itu, saya akan memastikan bahwa anggaran yang dialokasikan dapat tepat sasaran,” tandasnya.(ewa/tan)

-

Artikel Terbaru

Cek Data Pemilih, Kowaas: Nomor Bebas Pulsa

Pendataan pemilih menjadi hal krusial demi suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Jika Ada Kecurangan Pilkada, Soputan: Lapor di Aplikasi Gowaslu

Peran teknologi informasi turut mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada.

OD Minta Kepala Daerah Sosialisasikan Gerakan Kibar Serentak Merah Putih

Gerakan Kibar Serentak Merah Putih oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) yang dimulai sejak 1-31 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 masih belum tersosialisasi dengan baik.

Airmadidi Banjir Bantuan SGR-PDM

Kepedulian Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Petrus Defni Macarau (PDM) untuk warga Minahasa Utara (Minut) tak hanya isapan jempol semata. Mengawali bulan kemerdekaan, SGR dan PDM terus turun langsung membagikan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

MEP Nahkodai Golkar Minsel

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Minsel resmi memiliki nahkoda baru. Seperti diketahui dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar ke-IV, yang digelar pada Senin (3/8) kemarin, bertempat di Hotel Sutanraja Amurang, dr Michaela Elsiana Paruntu MARS atau yang akrab disapa MEP, resmi menahkodai Golkar Minsel.