28 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Gubernur OD `Nitip` Anggaran di APBD 15 Daerah

MANADOPOST.ID—Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di 15 kabupaten/kota, pada tahun 2022 nanti, bakal mengakomodir ‘titipan’ Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD).

‘Titipan’ tersebut bukanlah hal negatif melainkan terkait pengembangan 15 wilayah menuju smart city. Dimana Gubernur OD bakal ‘menitip’ alias meminta setiap kabupaten/kota untuk mengalokasikan anggaran bagi pemasangan CCTV di jalan raya.

“Seperti yang ada di Kota Manado, yakni Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik dimana pengawasan pelanggaran hanya melalui CCTV. Nah itu yang akan kita gagas di 15 daerah. Jadi saya akan minta agar 15 kabupaten/kota, memberikan pos anggaran yang bekerjasama dengan Polda untuk pemasangan ETLE ini. Dukungan sarana dan prasarana bisa melalui pos anggaran tersebut,” ungkap Gubernur OD, Selasa (20/4) kemarin.

Menurut Gubernur OD, fasilitas CCTV yang nantinya akan dipasang di 15 daerah tidak hanya berfungsi untuk pemantauan pelanggaran lalulintas. Bahkan menurut OD, dengan adanya CCTV tersebut, bisa memberikan jaminan rasa aman bagi para pelancong yang akan mengunjungi 15 kabupaten/kota. Karena itu Gubernur OD menilai, dukungan anggaran di tahun depan sudah tepat sasaran. Karena kebijakan dan program tersebut untuk kepentingan banyak masyarakat.

“CCTV ini bisa juga dipakai untuk memantau kabupaten/kota, bukan hanya memantau pelanggar lalulintas. Jadi jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, bisa langsung dipantau lewat CCTV. Ini sangat baik untuk 15 daerah tersebut. Ini juga termasuk langkah-langkah pengamanan bagi masyarakat kita.

Karena itu saya rasa, alokasi anggaran untuk pemasangan CCTV tersebut sudah tepat sasaran. Dan itu akan saya sampaikan secepatnya kepada 15 daerah untuk dijadikan perhatian agar segera ditindaklanjuti,” tutupnya. (ewa/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru