25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

KPU Optimis Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

MANADOPOST.ID—Target partisipasi pemilih di pemilihan gubernur tahun 2020 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut 77,5 persen. Ini disampaikan Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi pada wartawan, kemarin.

Dia mengatakan, saat ini jajaran KPU kerap turun ke lapangan untuk lakukan monitoring. Terkait pelaksanaan kampanye, apakah sudah sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 atau belum.

“Kita juga menguji, apakah regulasi yang dikeluarkan sudah dilakukan atau masih ada kesulitan. Ini instruksi langsung KPU RI, yang minta kita monitoring. Dari sisi regulasi apa bisa dilakukan atau paslon masih ada kesulitan,” sebutnya, sembari mengakui, ditemukan masih ada paslon belum sepenuhnya melakukan protokol kesehatan.

Lebih jauh mengenai optimisme pelaksanaan pilgub 9 Desember mendatang, Salman menuturkan, sebagai penyelenggara pihaknya yakin partisipasi pemilih bisa capai target. Yakni 77,5 persen.

“Ini bisa kita lihat dari animo peserta seleksi KPPS yang membludak. Tentu itu menjadi penilaian jika masyarakat antusias menyambut pesta demokrasi nanti,” sebut Salman.

Kerja-kerja KPU ini, lanjutnya, diikuti dengan upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19. Khususnya bagi penyelenggara yang ada di jajaran paling bawah. Yakni penyediaan alat pelindung diri (APD) serta sudah ikut swab test. “

Kita memastikan kesiapan APD bagi penyelenggara. Begitu juga dengan pemilih, wajib menggunakan APD ketika menyalurkan hak pilihnya di seluruh TPS,” tuturnya.

Sahelangi mengatakan dalam upaya menyukseskan tahapan Pilkada serentak 2020, KPU akan melakukan simulasi cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS. “Agar masyarakat lebih memahami seperti apa tatacara pemungutan suara di tengah pandemi Covid-19,” kuncinya.(gel)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).